Capaian Imunisasi Campak di Mataram Hanya 10 Persen

Syringe Doctor Vaccination Medical Bless You

Mataram (Suara NTB) – Dinas Kesehatan Kota Mataram masih menunggu Surat Edaran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait keputusan tentang imunisasi measles rubella (MR) atau campak bagi anak. Hingga saat ini capaian imunisasi MR di Kota Mataram hanya 10 persen dari total proyeksi sebanyak 115 ribu anak.

“Kita masih menunggu surat edaran itu. Jadi kita belum dapat, namun tentu kita sudah lihat di media bahwa imunisasi MR sudah diperbolehkan MUI. Jadi kita akan kembali melakukan imunisasi ke sekolah-sekolah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, H. Usman Hadi, Kamis, 30 Agustus 2018.

Selama ini kendala yang dihadapi Dikes Kota Mataram sehingga capaiannya masih jauh di bawah target karena sempat ada pro dan kontra. Selain itu, musibah gempa bumi yang akhirnya membuat Pemda meliburkan sekolah juga menjadi kendala utama.

“Kita kan imunisasi ke sekolah-sekolah. Tapi karena sekolah libur, jadi tidak bisa kita lakukan imunisasi. Makanya ini akan kita genjot setelah siswa sudah masuk kembali,” ujarnya.

Pihaknya akan kembali melakukan imunisasi di semua sekolah di Kota Mataram. Tentu saja bagi warga atau orang tua yang menolak, tidak akan dipaksa. Pihaknya akan melakukan imunisasi setelah mendapatkan persetujuan dari orang tua atau wali murid.

“Imunisasi ini kan bagus untuk mencegah virus ini masuk ke tubuh anak. Jadi kami sangat menyarankan agar imunisasi ini dapat dilakukan oleh semua anak di Kota Mataram. Tapi kalaupun ada yang menolak, kami tidak akan memaksa,” ujarnya.

Sebelumnya terdapat pro dan kontra pemberian imunisasi MR kepada anak. Banyak orang tua yang menolak karena menganggap bahwa vaksin itu tidak halal. Namun dengan adanya Fatwa MUI Nomor 33 tahun 2018 yang menyatakan memperbolehkan vaksin itu bagi anak-anak.

“Kita tunggu dulu surat edarannya. Setelah itu kita langsung lakukan imunisasi ke sekolah-sekolah. Kita harus cegah virus ini berkembang. Salah satu caranya dengan melakukan imunisasi,” ujarnya. (lin)