Dikes dan Polres Sumbawa Barat Pantau Peredaran Gelap PCC

0
80

Taliwang (Suara NTB) – Dinas Kesehatan (Dikes) dan Polres Sumbawa Barat akan melakukan pemantauan terhadap peredaran gelap pil PCC yang kerap disalahgunakan. Pemantauan terhadap masalah ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat penggunaan pil ini.

Plt Kepala Dikes Sumbawa Barat H. Tuwuh S. Ap kepada wartawan, Senin, 18 September 2017 mengatakan, meskipun sampai dengan saat ini pil ini tidak ditemukan beredar di Sumbawa Barat. Tetapi pihaknya tetap akan melakukan pemantauan dan pengawasan. Apalagi pil ini bukan termasuk golongan obat pelayanan tingkat dasar dan tidak tercantum dalam formularium obat nasional. Belum lagi untuk PCC sudah ditarik peredarannya dan tidak boleh digunakan.

Terhadap adanya kasus penyalahgunaan PCC di Kota Kendari, pihaknya memastikan bahwa pil ini merupakan pil ilegal. “Kita pastikan untuk pil PCC ini belum kita temukan beredar di Sumbawa Barat. Sedangkan untuk pengawasan terhadap masalah ini juga akan semakin diintensifkan,” ujarnya.

Dia menambahkan, selain melakukan upaya pengawasan secara internal, pihaknya juga akan turun ke apotek-apotek untuk memberikan sosialisasi terkait masalah ini. Pihaknya juga akan melibatkan Balai Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) Mataram sebagai intansi yang berwenang dalam masalah tersebut. Kalaupun nanti ada ditemukan pil ini di apotek-apotek, pihaknya bersama dengan BPOM akan langsung melakukan pembinaan dan pemberian sanksi dan surat teguran.

“Alhamdulillah belum ada apotek kita di Sumbawa Barat yang mendapatkan sanksi dari BPOM terkait masalah obat ini. Meskipun demikian, kita juga akan tetap melakukan pembinaan terhadap pengurus apotek ini,” tukasnya.

Sementara itu Kapolres Sumbawa Barat AKBP Andy Hemawan SIK mengatakan, terhadap masalah pil PCC ini, pihaknya juga akan melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap masalah ini.  Meskipun sampai dengan saat ini belum ada laporan dari masyarakat, tetapi pihaknya tetap akan mewaspdai terhadap peredaran pil ini. Tentu dalam penanganan masalah ini, pihaknya juga akan melibatkan instansi terkait (Dikes dan BPOM) untuk melakukan pengawasan bersama.

  Patroli Samapta Polresta Mataram, Tangkap Pengguna Narkoba

“Kita akan tetap akan melakukan pemantauan terhadap pil ini, jangan sampai nantinya ada kejadian yang diakibatkan oleh pil pcc ini. Termasuk juga kita akan melakukan sosialisasi terhadap dampak berbahaya yang diakibatkan oleh pil ini,” tandasnya. (ils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here