Ada Operasi Bibir Sumbing Gratis di RSUP NTB

Mataram (suarantb.com) – Memperingati HUT NTB ke-58 RSUD NTB menyediakan layanan operasi bibir sumbing gratis. Jadi, masyarakat bisa memanfaatkan momen ini untuk mengobati keluarga, tetangga atau kenalan yang membutuhkan. Pendaftaran bisa dibuka sampai 16 Desember 2016.

“Memperingati HUT NTB ke-58, sesuai edaran dari Pak Gubernur, kita mengadakan operasi bibir sumbing gratis. Target kita ini 20 pasien,” ujar Humas RSUP NTB, Solikin saat dikonfirmasi suarantb.com, Rabu, 14 Desember 2016.

Menurut Solikin, operasi bibir sumbing dipilih karena RSUP NTB sudah memiliki dokter ahli bedah plastik. Selain itu, pasien yang mendaftar operasi bibir sumbing ini tidak langsung bisa dioperasi. Harus melalui pemeriksaan pendahuluan, untuk memastikan kondisi pasien.

“Nanti operasinya juga akan dilakukan secara bertahap, kan tidak bisa satu kali selesai.

Tapi semua biaya selama proses dari masuk sampai pulang kembali ke rumah kami gratiskan,” imbuhnya.

Selain operasi bibir sumbing gratis, pada 17 Desember 2016 akan diselenggarakan pengobatan gratis bagi masyarakat. Namun untuk pemegang kartu BPJS, harus tetap melalui mekanisme yang telah ditetapkan. Sementara untuk yang tidak punya, jangan berkecil hati. Karena layanan pengobatan gratis ini juga berlaku untuk warga bukan pemegang kartu BPJS.

“Kalau punya BPJS ya mekanismenya tetap berjalan seperti biasa. Harus ada proses administrasi yang perlu dilakukan. Kalau tidak punya, ya tetap akan dapat pengobatan gratis juga,” jelas Solikin.

Untuk pasien operasi bibir sumbing, Solikin mengimbau agar segera mendaftar. Karena jika kuota 20 pasien telah dipenuhi, maka pihak RSUP NTB tidak bisa memberikan layanan operasi gratis. (ros)