Layani Anak dan Remaja, Mutiara Sukma Siapkan Klinik Mental Sehat Ceria

Mataram (suarantb.com) – Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma NTB mulai tahun 2017 siap menjadikan klinik Mental Sehat Ceria (MSC) sebagai pelayanan unggulan untuk pasien anak dan remaja. Demikian disampaikan Direktur RSJ Mutiara Sukma, Elly Rosila Wijaya di Media Center Kantor Gubernur NTB, Senin, 10 Oktober 2016.

“Sejak tahun 2011 kita sudah kembangkan layanan poliklinik psikiatri untuk anak dan remaja, namanya klinik Mental Sehat Ceria. Dan tahun 2017 nanti ini mau kita jadikan layanan unggulan,” jelas Elly. Kunjungan ke klinik psikiatri anak RSJMS disebutkan Elly mencapai angka 97.604. Data ini terhitung dari Januari-September 2016. Jumlah yang sangat tinggi untuk rentang waktu kurang dari setahun.

Klinik MSC ini menyediakan terapi dan rehabilitasi bagi anak berkebutuhan khusus, seperti penderita autis, hiperaktif, retardasi mental dan permasalahan emosional lainnya. Untuk meningkatkan layanan MSC, Elly mengaku sudah mengirimkan seorang konsultannya untuk khusus belajar psikologi anak. Sehingga nanti MSC akan benar-benar ditangani seorang ahli dalam bidang psikologi anak.

Pasien anak dan remaja yang berobat datang ke RSJMS selama ini masih ditangani dengan berobat jalan. Elly menjajikan kedepannya akan disediakan fasilitas rawat inap untuk pasien anak dan remaja. Penyebab gangguan mental pada usia muda ini diakui Elly beragam. Ada sebab internal dan eksternal. “Sekitar delapan persen disebabkan oleh faktor keturunan, sisanya berasal dari lingkungan,” akunya.

Elly menyebutkan sebagian besar pasien penderita gangguan jiwa berasal dari golongan usia produktif. Mulai dari rentang umur 17-45 tahun. Dan sebagian besar berasal dari masyarakat ekonomi lemah. Perlu diketahui, Mutiara Sukma elah berhasil lulus akreditasi paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Pusat. Dan pencapaian ini menunjukkan bentuk pengakuan secara nasional terhadap mutu pelayanan di RSJ tersebut. (ros)