Posyandu Diduga Tak Peduli, Rizki Mengidap Penyakit “Lumpuh”

Selong (suarantb.com) – Anak dari pasangan Sumainah (35) dan Umar (40) bernama Rizki, sampai dengan umur lima tahun masih belum mampu berdiri alias mengidap penyakit lumpuh. Orang tua Rizki yang ditemui di kediamannya di Dusun Jelok Buso Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru Lombok Timur ini mengaku belum mengetahui penyebab penyakit tersebut.

Kepada suarantb.com, Kamis, 15 September 2016, Sumainah mengatakan berdasarkan penuturan dokter, anaknya mengidap penyakit lemas. Penyakit itu disebabkan sejak umur Sembilan bulan, Rizki sakit panas dan kejang. “Kata dokter penyakitnya disebabkan karena panas dan kejang, dan dokter menuduh kurang perhatian,” ujarnya.

Baca juga:  Kasus Pneumonia pada Bayi dan Balita Meningkat Pascagempa

Sumainah menyayangkan sikap pihak desa melalui Posyandu setempat yang diduga tidak peduli dengan nasib Rizki. Menurut Sumainah kekurangpedulian pihak Posyandu itu lantaran dirinya tidak melahirkan di Puskesmas Pemongkong. Pada waktu melahirkan Rizki, Sumainah memilih melahirkan di rumahnya.

Kini, pada saat umur Rizki sudah beranjak lima tahun, ia masih seperti anak usia satu tahun, dan tidak bisa berdiri. “Mereka (Posyandu) tidak mau mendaftarkan namanya, karena alasan saya dulu tidak melahirkan di Puskesmas Pemongkong, saya melahirkannya di rumah,” cerita Sumainah.

Baca juga:  Kasus Pneumonia pada Bayi dan Balita Meningkat Pascagempa

Hingga kini Rizki hanya bisa tidur dan dibantu jika ingin duduk. Sumainah mengungkapkan berbagai cara telah dilakukan termasuk mendatangi dukun dan Puskesmas di Jerowaru namun belum membuahkan hasil. (ism)