Pos Kesehatan Gratis Bagi Pemudik

Mataram (suarantb.com) – Para pemudik yang berangkat melalui Terminal Mandalika disediakan fasilitas pos pemeriksaan kesehatan gratis. Pos ini mulai dibuka sejak H-7 Lebaran sampai H+7 Lebaran nanti. Demikian disampaikan Kepala Terminal Mandalika, Shaiful Jihad.

Shaiful mengatakan, baik sopir maupun pemudik yang mengalami gangguan kesehatan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut. “Pokoknya semuanya gratis,” tegasnya.

Petugas yang berjaga di pos kesehatan tersebut berasal dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Jasa Raharja dan Puskesmas Cakranegara. Sejak mulai beroperasi hingga H-2 Lebaran, Senin (4/6/2016), banyak pemudik yang memanfaatkan fasilitas ini.

Baca juga:  Komunikasi dan Keluarga ‘’Samawa’’, Obat Depresi yang Ampuh

Petugas medis dari Puskesmas Cakranegara, Ika Rahmawati mengatakan banyak pemudik maupun sopir angkutan lebaran yang telah memanfaatkan pos kesehatan. “Pemudik yang sakit bisa mendapatkan pengobatan disini. Selain melayani

pemudik, kami juga bekerja sama dengan BNN untuk mengecek kesehatan para sopir. Sebelum melakukan perjalanan mereka harus dipastikan dalam keadaan fit,” terangnya.

Ika mengungkapkan keluhan yang paling banyak adalah mual dan pusing. Setelah diperiksa, petugas medis memberikan obat kepada pemudik maupun sopir. Jenis obat yang disediakan juga lengkap. Mobil ambulans juga telah disiapkan untuk mengantisipasi jika ada yang sakit parah. Jika hal itu terjadi, pemudik tersebut akan dirujuk ke Puskesmas Cakranegara.

Baca juga:  Komunikasi dan Keluarga ‘’Samawa’’, Obat Depresi yang Ampuh

Salah seorang pemudik, Titin, mengatakan keberadaan pos kesehatan sangat membantu. “Selama ini saya belum menemukan fasilitas serupa di terminal lain,”tambahnya. Selama mudik Lebaran ini, pos kesehatan beroperasi mulai pagi hingga jam empat sore. (ros)