Respons 11 Ribu Surat Anak Indonesia, Pemerintah Siap Aksesi FCTC

Mataram (suarantb.com) – Sebanyak 11 ribu surat anak Indonesia kepada Presiden Joko Widodo diserahkan secara simbolis pada acara puncak Hari Anak Nasional (HAN), Sabtu, 23 Juli 2016. Surat yang berkenaan dengan dukungan anak-anak Indonesia terhadap aksesi Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) mendapat tanggapan baik oleh pemerintah.

Dalam surat tersebut terkandung harapan anak-anak dari semua daerah di Indonesia tentang penanganan bahaya rokok bagi anak. Anak-anak mengharapkan adanya tindakan segera dari pemerintah terkait persoalan ini sehingga kesehatan anak dapat terjamin.

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Puan Maharani menyampaikan pemerintah siap mengaksesi FCTC. Pemerintah sudah mengkaji suatu kebijakan sebagai upaya memberikan perlindungan dari dampak asap rokok terhadap anak.

“Sudah masuk dalam kajian kebijakan pemerintah untuk bisa memberikan perlindungan bebas rokok kepada seluruh anak-anak Indonesia ke depannya,” jelasnya.

Dalam hal ini, Puan mengatakan pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002. Dalam Perppu tersebut telah ditetapkan kebijakan yang berkaitan dengan segala hal yang membahayakan anak, termasuk bahaya rokok. Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masa depan anak Indonesia.

Dengan kesiapan pemerintah dalam aksesi FCTC, diharapkan kedepannya bahaya rokok terhadap anak dapat dihindari. Serta dapat mengendalikan tingkat konsumsi rokok di Indonesia. Puan berharap semua kebijakan yang telah ditetapkan tersebut dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya. (rdi)