Kunjungan Pasien Naik Dua Kali Lipat di RSUD Kota Mataram

Mataram (suarantb.com) – Kunjungan pasien di RSUD Kota Mataram meningkat dua kali lipat pada Senin, 11 Juli 2016. Lonjakan kunjungan ini khususnya pasien poliklinik (poli). Demikian disampaikan Direktur RSUD Kota Mataram, dr. H. Lalu Herman Mahaputera.

Herman menyampaikan biasanya pada hari biasa, jumlah pasien yang berkunjung sekitar 400 orang dalam sehari. Namun hari ini jumlah pasien mencapai sekitar 800 orang. “Sekarang hari pertama buka poli, terjadi lonjakan. (Peningkatan) hampir dua kali lipat,” sebutnya.

Salah satu faktor ramainya pasien kemarin karena libur Lebaran selama sepekan. Herman menyampaikan saat libur Lebaran, pelayanan rumah sakit tetap buka, hanya pelayanan poli yang diliburkan. Pelayanan poli selama libur dialihkan ke IGD.

Tren kunjungan pasien pascalibur Lebaran setiap tahun memang selalu meningkat. “Ini memang kunjungan hari pertama, tapi setiap tahun seperti ini. Kalau hari pertama masuk itu akan terjadi lonjakan,” ujarnya.

Tingkat kehadiran ASN RSUD Kota Mataram di hari pertama kerja kemarin lebih dari 90 persen. Ada beberapa ASN yang cuti, salah satunya karena cuti melahirkan.

Herman mengatakan pada hari pertama kerja kemarin, semua dokter RSUD Kota Mataram juga masuk. Bahkan pada saat hari H Lebaran, dokter juga tetap bertugas. Hanya saja dokter yang tetap bekerja pada saat hari raya adalah dari kalangan non-muslim. Sementara dokter yang beragama Islam diberikan kesempatan untuk melaksanakan hari raya Idul Fitri. (ynt)