Garuda Berhenti, Wings Air akan Tambah Jadwal Penerbangan di Bandara Sumbawa

Wings Air (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Maskapai penerbangan Wings Air (Lion Air Group) berencana menambah jadwal penerbangan di Sumbawa. Rencana ini menyusul berhentinya operasi Maskapai Garuda Indonesia di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa sejak awal Agustus lalu.

Area Manager Bali Nusra Lion Air Group, Fajar Teguh Santoso, S.T menyampaikan, terkait sudah tidak beroperasinya Garuda di Sumbawa, pihaknya sudah mengajukan penambahan jadwal penerbangan ke manajemen Lion Air pusat. Hanya Saja saat ini masih dilakukan pengaturan terkait teknis penerbangan nantinya. Kemungkinan keputusan mengenai penambahan jadwal ini akan diperoleh sekitar satu atau dua bulan kedepan. “Bahwa untuk Sumbawa terkait tidak beroperasinya Garuda, kita  sudah mengajukan ke manajemen untuk adanya penambahan. Cuman ada beberapa kendala terkait rutinisasi pesawatnya. Pesawat kita yang akan diputar ke sini dari mana. Apakah pesawat yang baru datang atau gimana. Disitu kita lihat. Kemungkinan dalam satu atau dua bulan sudah ada informasi,” ujarnya saat diwawancarai wartawan di Sumbawa, Rabu, 21 Agustus 2019.

Diakuinya, terdapat dua jadwal penerbangan Wings Air dari Sumbawa  yakni pukul 07.00 Wita dan pukul 09.00 Wita.  Sedangkan dari Lombok menuju Sumbawa pukul 08.00 Wita dan pukul 16.00 Wita. Tentunya harapan untuk menambah jadwal penerbangan sangat bagus terutama terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Apalagi banyak pihak yang menghubungi terkait sulitnya mendapatkan tiket. Hal ini juga menjadi pertimbangan diajukannya penambahan penerbangan. “Harapan Pak Bupati bagus untuk meningkatkan perekonomian juga. Kebutuhan masyarakat juga harus kita tampung. Karena kemarin ada beberapa yang menelpon ke kami, ada dari beberapa BUMN yang kesulitan tiket. Makanya kita ambil dari situ, jadi kebutuhan itu sangat mendesak,” terangnya.

Sedangkan Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc menyampaikan, tidak beroperasinya garuda membuat jadwal penerbangan menjadi berkurang. Tentunya jika Garuda tidak lagi melanjutkan operasi, maka pihaknya tetap meminta Wings Air untuk menambah jadwal penerbangan. Meskipun demikian, pihaknya tetap berharap Garuda beroperasi kembali dengan mengatur jadwal penerbangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Kalau memang Garuda tidak mau lagi, tidak ada  pilihan lain lagi kita akan minta kepada Wings lagi tambahan. Tetapi tetap menjadi prioritas utama bahwa Garuda itu tetap kita minta  ada penerbangan ke Sumbawa ini. Mungkin jam penerbangannya itu bisa disesuaikan,” tandasnya. (ind)