“Startup” Karya Anak NTB Bersaing di Tingkat Nasional

Rangga Alif Faresta /CEO – Sandi Yusril Ihza/CTO Perwakilan Tim GagasanTu.id di Thinkubator (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Startup karya anak-anak muda NTB, GagasanTu.id ikut ajang Thinkubator. Thinkubator merupakan ajang kompetisi Startup yang diikuti oleh startup yang baru berkembang maupun startup yang memiliki Profit yang cukup besar.

Kegiatan ini diinisiasiasi Grab Indonesia dan didukung oleh BeKraf, Microsoft, Kominfo dan partner lainnya. Sebanyak 1.169 startup dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri ikut dalam kompetisi ini.

Proses seleksi online dilakukan secara ketat oleh panitia penyelenggara. Dari seleksi online telah terpilih 150 startup untuk  mengikuti Thinkubator Conference dan Workshop pada 28 Maret 2019 lalu. Dari 150 tim, 17 tim  berasal dari luar Pulau Jawa. Dan terdapat satu-satunya tim yang berasal dari NTB, yaitu GagasanTu.id

Startup yang belum genap setahun ini, terdiri dari 7 Mahasiswa yang berasal dari kecamatan Alas–Sumbawa, Yaitu Rangga Alif Faresta (FKIP UNRAM), Sandi Yuzriil Ihza (FT UNRAM), Badri Yunardi (UNRAM),  Amira Yuliansari (FE UNRAM), Puspa Maulidia Mahardika (FIKOM UTS), Aji Pranata (FT UTS), Putri Indah Kencana (Vistula University).

Baca juga:  Manajemen Gojek Mataram Kunjungi Suara NTB

Pendiri sekaligus CEO GagasanTu.id,  Rangga Alif Faresta mengatakan sebagai startup yang baru terbentuk,   ini merupakan hal yang sungguh luar biasa. Bertemu dengan CEO Startup ternama seperti Grab, Tokopedia, Ruang Guru dan lainnya.

Selain itu, berbagi pengalaman dan ide dengan startup lainnya merupakan pengalaman yang luar biasa. Dan hal yang paling membuat terharu, GagasanTu.id merupakan satu-satunya Startup dari NTB yang di undang ke kompetisi bergengsi ini.

“Saya berharap, ekosistem startup di NTB bisa berkembang ke depannya. Dan semoga GagasanTu.id bisa bermanfaat untuk orang banyak. Tujuan kami satu,  memberikan kontribusi terbaik, ” kata Rangga.

Baca juga:  Manajemen Gojek Mataram Kunjungi Suara NTB

Sedangkan CFO GagasanTu.id yang juga merupakan Awardee Beasiswa NTB di Polandia, Kencana mengatakan hal ini merupakan langkah awal yang baik. Bukan hanya untuk startup GagasanTu.id  tapi juga untuk NTB.

“Saya rasa pemerintah sekarang perlu memberi perhatian khusus untuk startup ke depannya. Karena jika anak-anak muda di NTB saat ini bisa mandiri dalam berbisnis, ini akan mendukung perkembangan ekonomi NTB yang Gemilang,” ujar Kencana.

Ke depannya diharapkan akan banyak GagasanTu.id lainnya yang bisa membawa perubahan untuk NTB. GagasanTu.id butuh dukungan dari seluruh pihak untuk semakin berkembang.

“Harapan lainnya adalah adanya Inkubasi untuk startup NTB yang bisa dibentuk oleh pemerintah sebagai sebuah wadah perkembangan startup di seluruh NTB,” tandasnya.  (r/Nas)