Jelang Lebaran

Jelang Lebaran Pengunjung Pusat Perbelanjaan Membeludak

Mataram (suarantb.com)

Beberapa hari jelang lebaran, pengunjung di pusat-pusat perbelanjaan di Kota Mataram membeludak. Jalan-jalan di sekitarnya juga mengalami kemacetan akibat banyaknya kendaraan terparkir sampai sisi jalan. Pengunjung tidak hanya dari Kota Mataram. Namun juga dari Lombok Timur, Lombok Tengah, dan daerah lainnya.

Petugas keamanan sebuah pusat perbelanjaan di Mataram, Dewa menyampaikan, keramaian telah dimulai sebelum Ramadan. Tetapi puncak keramaian terjadi sepekan sebelum Idul Fitri. “Puncaknya mulai hari Jum’at, Sabtu, Minggu. Hari ini (kemarin) dan besok sehari sebelum Lebaran biasanya,” ungkap Dewa.

Ia juga mengungkapkan persediaan barang yang dijual menjelang Lebaran telah dipersiapkan sejak jauh hari. Pertimbangannya ialah kedatangan para pemudik dari luar daerah ke Kota Mataram. Juga, pengunjung yang biasanya berdatangan dari daerah-daerah luar Kota Mataram. Menurut Dewa, untuk memaksimalkan pelayanan, beberapa toko merekrut banyak karyawan baru hanya selama Ramadan. Perekrutan ini atas dasar pertimbangan lonjakan pengunjung yang biasanya terjadi setiap bulan Ramadan. Terutama menjelang Idul Fitri.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Ali Imran yang datang dari Lombok Timur. Ia sengaja datang ke Mataram untuk berbelanja baju lebaran. “Kita baru dapat THR. Makanya mau beli baju lebaran, sekalian jalan-jalan,” ujar warga asal Lenek, Aikmel ini. (rdi)