Gay, Waria, dan Lesbian Lakukan Tes HIV/AIDS di Mataram

Mataram (suarantb.com) – Dinas Kesehatan Provinsi NTB melaksanakan Pelatihan Tata Laksana untuk lima Puskesmas di NTB bagi petugas Puskesmas yang berlangsung 17 Mei-18 Mei 2017. Pelatihan ini terdiri dari Layanan Komprehensif  Berkesinambungan (LKB) yang mana sasarannya adalah Gay Waria Lesbian (GWL), Wanita Pekerja Seks (WPS), serta pasangan Risiko Tinggi (Resti).

Pelatihan ini salah satunya dilaksanakan di Puskesmas Karang Taliwang, Cakranegara.  Melalui penjaring-penjaring dari tiap-tiap komunitas, pada hari pertama, Rabu, 17 Mei 2017 telah diperilsa sekitar 40 sasaran. Demikian disampaikan Penanggung Jawab Upaya Kesehatan Masyarakat Puskesmas Karang Taliwang, I Nyoman Swarsana Kamis, 18 Mei 2017.

Iklan

Menurutnya tanpa keterlibatan penjaring dari komunitas, pihaknya akan sulit meminta dilakukan pemeriksaan. “Karena memang kelompoknya sulit dicari di masyarakat, makanya dari komunitas merekalah, biar lebih enak,” ujarnya.

Swarsana mengatakan pihaknya merasa terbantu dengan penjaring ini. Dengan begitu, mereka mudah melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Salah satu peserta dari kalangan gay sekaligus penjaring yang berinisial A juga ikut berupaya membantu Dinas Kesehatan dalam mencegah terjadinya HIV/AIDS. (mai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here