Garuda Indonesia dan Citilink Batalkan Sejumlah Penerbangan di LIA

Mataram (suarantb.com) – Meski tetap beroperasi, sejumlah penerbangan dari Lombok International Airport (LIA) pagi ini, Kamis, 30 November 2017 mengalami pembatalan. Ini terjadi akibat dampak abu vulkanik yang dikhawatirkan mengganggu keselamatan selama penerbangan. Demikian disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi BIL Praya, Ot Oral Sem Wilar Kamis pagi, 30 November 2017.

Sem menyebutkan ada tujuh penerbangan dari maskapai Garuda Indonesia keberangkatan Lombok yang dibatalkan. “Berikut kami sampaikan penerbangan Garuda Indonesia dari LOP yang dibatalkan akibat abu vulkanik Gunung Agung tanggal 30 November 2017. Penerbangannya itu yaitu, GA431 LOP-CGK
GA7049 LOP-DPS, GA7024 LOP-BMU, GA435 LOP-CGK, GA433 LOP-CGK, GA365 LOP-SUB, dan GA451 LOP-DPS,” sebutnya.

Iklan

Selain Garuda Indonesia, maskapai penerbangan Citilink juga membatalkan dua penerbangan. Yakni penerbangan tujuan Jakarta dan Surabaya dengan nomor penerbangan QG-167 dan QG-665.

Menurut pantauan terkini pagi ini dari VAAC Darwin, Sem menyatakan LIA masuk dalam area sebaran abu vulkanik Gunung Agung. Oleh sebab itu, diakuinya hingga berita ini diturunkan tengah berlangsung rapat pembahasan adanya kemungkinan LIA kembali ditutup, akibat abu vulkanik Gunung Agung.

“Ada rapat koordinasi sekarang ini di LIA membahas hal tersebut,” katanya.

Sementara itu, Rabu kemarin, 29 November 2017 General Manager PT Angkasa Pura I Lombok International Airport, I Gusti Ngurah Ardita menyampaikan terdapat 19 penerbangan sempat dibatalkan karena erupsi Gunung Agung, yaitu 7 penerbangan dari Lombok dan 7 penerbangan menuju Lombok. Sebanyak lima penerbangan dibatalkan atas permintaan maskapai, dengan rincian satu penerbangan menuju Lombok dan empat keberangkatan.

“Sampai pukul 20.00 WITA malam ini, jadi ada 19 penerbangan yang dibatalkan. Tapi penerbangan yang tetap dilanjutkan lebih banyak, ada 64 penerbangan, yaitu 35 penerbangan kedatangan dan 29 keberangkatan dari LIA,” paparnya. (ros)