Gara-gara Menikah, Sejumlah Siswa SMA/MA di Lotim Absen Ikut UNBK

Selong (Suara NTB) – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) tahun 2018 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Senin, 9 April 2018 berjalan lancar dan tertib. Hanya saja, dari 12.976 peserta ujian SMA/MA di Lotim, beberapa di antaranya absen dikarenakan menikah maupun sakit.

Dikonfirmasi, Suara NTB, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Lotim, H.Azharuddin, menyebutkan pelaksanaan UNBK berjalan lancar dan tertib sebagaimana yang diharapkan terutama di 142 madrasah yang menyelenggarakan UNBK. Terkait absennya sejumlah siswa peserta UNBK, Azharuddin mengaku sudah menerima informasi terkait adanya siswa yang tidak mengikuti UNBK, baik dikarenakan sakit, berhenti maupun disebabkan beberapa faktor lainnya.

Iklan

Akan tetapi, dijelaskan bahwa apabila sudah masuk dalam Daftar Nominasi Tetap (DNT), maka siswa yang bersangkutan dapat mengikuti UNBK susulan pada jadwal yang sudah ditentukan. Sejumlah siswa tetap akan difasilitasi karena itu merupakan hak dari siswa yang harus dipenuhi. “Untuk yang tidak hadir, jumlahnya belum kita dapatkan secara pasti, tapi informasi itu ada. Nanti yang tidak hadir akan mengikuti ujian susulan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan, Kepala UPT Layanan Dikmen dan PK-PLK Lotim, H.M.Mashun, bahwa untuk UNBK SMA/MA berjalan lancar, tidak ada kendala seperti mati lampu, gangguan server dan gangguan lainnya. Adapun jumlah SMA yang menjadi peserta UNBK sebanyak 46 sekolah untuk SMA, sementara untuk MA sebanyak 142 madrasah.

Mashun menyebut hingga sore kemarin belum mendapatkan informasi berapa jumlah siswa yang menjadi peserta UNBK yang tidak masuk. Namun dari Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta UNBK tahun 2018, jumlah peserta untuk SMA sebanyak 6.186 siswa, sementara untuk MA. 6.790 siswa. “Belum ada laporan yang kami terima terkait adanya siswa yang tidak mengikuti UNBK hingga sore ini, (kemarin, red).

Dari informasi yang dapatkan Suara NTB, ketidakhadiran peserta UNBK yang sudak masuk dalam DNT salah satunya terdapat di MA Al Anshory Monje, pada sesi pertama jumlah terdaftar di DNT sebanyak 11 siswa, namun yang mengikuti UNBK sebanyak 9 siswa pada sesi pertama, sedangkan untuk sesi kedua jumlah siswa sebanyak 11 orang. Alasan tidak ikutnya sejumlah siswa itu dikarenakan berhenti lantaran menikah. (yon)