Gangguan Sinyal Picu Antrean Panjang di Pelabuhan Poto Tano

Nampak para pengguna jasa transportasi laut di pelabuhan Poto Tano, mengantre masuk ke kapal, Rabu, 16 Juni 2021.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Antrean panjang kendaraan yang mencapai ratusan meter hingga keluar area parkir dermaga di pelabuhan Poto Tano kembali terjadi,  Rabu, 16 Juni 2021. Antrean terjadi karena adanya gangguan persinyalan pasca diterapkannya digitalisasi pelayanan serta perbaikan dermaga di Pelabuhan Kayangan Lombok Timur.

“Kalau untuk perbaikan dermaga yang kemarin rusak sudah selesai dilakukan, tetapi antrean yang terjadi hari ini lebih kepada gangguan sinyal sehingga kapal antre untuk sandar di dermaga,” ungkap Manager Operasional pelabuhan Poto Tano Yusuf Efendi, kepada Suara NTB, Rabu, 16 Juni 2021. Dirinya meyakini antrean yang terjadi saat ini tidak berlangsung lama karena perbaikan sinyal terus dilakukan oleh management.

Iklan

Kepadatan kendaraan yang sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu akibat perbaikan dermaga diyakini akan segera terurai. Bahkan saat ini tercatat ada empat kapal yang siap dioperasikan untuk mengurai kepadatan kendaraan yang terjadi. Selain itu, pihaknya juga akan memperpendek waktu bongkar dan muat di dermaga supaya kendaraan tidak kembali menumpuk. “Kami sudah siapkan langkah antisipasi untuk mengurai  kepadatan yang terjadi dengan mengoperasikan seluruh kapal yang anchor (stand by),” sebutnya.

Selain pola tersebut, pihaknya juga mencoba pola lain, dimana untuk satu kali trip kapal akan ada sekitar empat unit truk besar yang masuk, 15 unit kendaraan kecil dan 100 unit sepeda motor. Termasuk dengan menambah delapan unit kapal untuk melayani para penumpang. Mudah-mudahan dengan pola yang dimaksud, kepadatan arus lalu lintas yang terjadi saat ini bisa lebih terurai dan kembali normal. ” Jika masih ada antrean kendaraan, kita akan ambil pola baru untuk bisa mengurai kemacetan yang terjadi saat ini. Kami juga akan tetap memantau kondisi terkini yang ada di pelabuhan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” tukasnya.

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional