Gaji Sejumlah Oknum Dewan Dipotong Tiap Bulan

Giri Menang (Suara NTB) – Sejumlah oknum anggota DPRD Lombok Barat (Lobar) terpaksa dipotong gaji tiap bulan untuk melunasi kerugian akibat kendaraan dinas (randis) yang hilang. Dari total 24 randis yang sebelumnya dikuasai oleh dewan terdapat tiga kendaraan yang hilang merk Vixon dan Supra Honda. Dewan pun diminta mengganti kendaraan ini, sebab jika tidak bersedia maka dewan tersebut tidak akan memperoleh tunjangan transportasi Rp 9.100.000 per bulan.

“Mereka diminta untuk surat keterangan hilang dari polisi, surat pernyataan mengganti kendaraan tersebut. Sekarang tengah pengembalian melalui pemotongan gaji, kalau tidak bersedia mereka tidak bisa menerima tunjangan,” tegas Sekretaris DPRD Lobar H. Isnanto Karyawan akhir pekan kemarin.

Iklan

Sesuai ketentuan, ujarnya, semua randis ini harus dikembalikan ke Pemda, karena dewan sudah memperokeh tunangan transportasi Rp9,1 juta per bulan.

Anggota Dewan yang randisnya hilang pun sudah menerima tunjangan transportasi, karena mereka cukup melengkapi surat pernyataan tersebut. Sebab sesuai ketentuan bahwa cukup menggunakan surat itu bisa diterima untuk mencairkan dana tunjangan.

Menurutnya, potongan gaji per dewan sendiri bervariasi sesuai dengan harga randis. Pihaknya mengkalkulasi harga lalu dipotong per bulan. Ketentuan berapa bulan dewan harus menyicil menurutnya bervariasi juga sesuai nilai kendaraan. Ia menambahkan sejauh ini masih ada randis yang masih dikuasai mantan dewan termasuk pimpinan dewan dalam bentuk tidak dua dan empat. Sesuai ketentuan randis ini harus dikembalikan, jika dilelang maka harus dikembalikan sebab persyaratan untuk lelang fisik randis harus ada. (her)