Gaji Guru Sertifikasi akan Dibayarkan Triwulan Ketiga

Kota Bima (Suara NTB) – Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Bima, Drs. H. Muktar Landa, SH, memastikan gaji atau tunjangan sertifikasi guru akan mulai dibayarkan pada triwulan ke tiga pada akhir September ini atau pada awal bulan Oktober. Sementara triwulan keempat dibayarkan pada akhir tahun atau awal tahun 2017.

“Gaji guru setifikasi sebanyak Rp 32 miliar akan dibayarkan pada triwulan ketiga dan keempat,” kata Muhtar ditemui di ruangan kerjanya, Rabu, 28 September 2016.

Iklan

Dikatakan dana sebanyak Rp 32 miliar itu berasal dari rasionalisasi anggaran Satker masing-masing sebesar 10 persen. Hal itu telah disetujui legislatif saat melakukan rapat bersama belum lama ini.

Dikatakan tunjangan gaji sertifikasi guru itu ditanggung oleh pemerintah daerah. “Pada saat pemerintah pusat melakukan efisiensi anggaran sehingga dana sertifikasi pada triwulan ketiga dan keempat tahun ini tidak dikirim. Imbasnya pemerintah daerah harus menggantikan,” katanya.

Menurut dia, melihat adanya kelebihan anggaran, padahal uang sertifikasi tersebut telah digunakan untuk pos-pos lain pada awal tahun. Tidak dikembalikan ke kas negara karena tidak ada perintah pengembalian.

“Ketika pusat minim dana mereka meminta dana-dana yang masih tersisa tahun-tahun lalu digunakan untuk membayar tunjangan sertifikasi ini,” aku Muhtar.

Misalnya pemerintah pusat mengirim sebanyak Rp 1 miliar, namun yang dibayarkan hanya Rp 900 juta. Sehingga dana tersebut tersisa Rp 100 juta dan masalah itu berlajut hingga tahun-tahun berikutnya.

“Pemerintah pusat masih menghitung ada anggaran yang tersisa. Padahal dana ini sudah telah dipakai di pos-pos lain,” ujarnya.

Dia menambahkan, dulu anggaran itu untuk kebutuhan SKPD, seperti belanja ATK dan  SPPD. Dengan menggunakan dana itu pada awal tahun yang biasa disebut Sisa Lebih Pengunaan Anggaran (Silpa).

“Pusat meminta Silpa ini dipakai untuk menggaji sertifikasi dan kebutuhan-kebutuhan yang dipriotiaskan,” pungaksnya. (uki)