Gaji 13 dan 14 Pegawai KSB Diperkirakan Rp 30 Miliar

Taliwang (Suara NTB) – Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah memperkirakan anggaran yang dibutuhkan daerah untuk membayar gaji 14 dan 13 pegawai pada tahun ini.

“Kalau hitung-hitungan kita, harus persiapkan anggaran kurang lebih Rp 30 miliar untuk bayar kedua jenis gaji itu,” kata Kepala BPKD KSB, Nurdin Rahman, SE kepada wartawan.

Iklan

Meski belum ada perintah membayar dari pusat, Nurdin mengatakan, pihaknya sengaja mengakumulasi beasaran anggaran yang dibutuhkan untuk membayar kedua gaji tersebut. Sebab mengacu pada tahun sebelumnya, gaji 14 dicairkan untuk kebutuhan menyabut hari raya lebaran sementara gaji 13 untuk persiapan biaya sekolan tahun pelajaran baru.

“Tahun ini lebaran dengan masuk sekolah hampir bersamaan. Maka perkiraan saya kalau pun dicairkan tidak bersamaan pasti waktunya tetap mepet,” sebutnya.

Untuk kelancaran pencairan gaji 13 dan 14 itu, pihaknya sendiri kata Nurdin akan segera mempersiapkan segala sesuatunya. Terutama meminta seluruh satuan perangkat daerah (SKPD) menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan nantinya. “Yang kami wanti-wanti terutama Dikpora. Kami akan panggil mereka soal persiapan pencairan gaji 14 jelang lebaran ini karena kebiasaan mereka sering telat,” ungkapnya.

Ia menyatakan, proses pencairan keuangan daerah secara teknis tidak terlalu sulit. Sepanjang seluruh aturan dipatuhi dan setiap persyaratan yang disyaratkab dipenuhi. “Nah kalau lebih awal syaratnya sudah disiapkan pasti urusannya juga lancar,” klaim Nurdin. (bug)