Gagal di Olimpiade, Zohri Tak Boleh Patah Semangat

Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri (kedua kanan) berlari dalam babak pertama 100 meter putra heat 4 cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 di Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Sabtu, 31 Juli 2021. Lalu Muhammad Zohri menempati posisi kelima dari delapan pelari dengan catatan waktu 10,26 detik.(ant/balipost)

Mataram (Suara NTB) – Kegagalan Lalu Muhammad Zohri meraih hasil maksimal di Olimpiade Tokyo Tahun 2021 ditanggapi positif oleh Ketua Umum KONI NTB, H. Andy Hadianto. Orang nomor satu di KONI NTB itu mengatakan Zohri tak boleh patah semangat meskipun gagal menorehkan  prestasi di ajang multi event olahraga tingkat dunia tersebut.

Menurutnya, atlet kebanggaan NTB itu sudah tampil maksimal untuk Indonesia. Dirinya berharap kegagalan Zohri di event tersebut bisa menambah pengalaman Zohri untuk bisa tampil lebih baik lagi di event selanjutnya.

Iklan

“Zohri sudah tampil maksimal, usianya masih muda.  Zohri masih punya kesempatan tampil di Olimpiade  berikutnya. Saya percaya bila berlatih lebih giat lagi, maka ke depan Zohri bisa menorehkan prestasi,” ucap Ketua Umum KONI NTB, H. Andy Hadianto saat ditemui Suara NTB di Gunung Sari Lombok Barat (Lobar) belum lama ini.

Meski Zohri belum menyumbang medali untuk Indonesia, pimpinan KONI NTB ini  mengaku bangga dengan kemampuan atlet NTB seperti Zohri. Pasalnya meski latihan dengan keterbatasan sarana olahraga di NTB namun Zohri  mampu membanggakan marwah bangsa Indonesia di kancah internasional. Sebab sebelum tampil di Olimpiade, Zohri sudah mampu mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di Kejuaraan Dunia  100 meter Atletik usia junior tahun 2018.

Prestasi yang dicatat Zohri tersebut bagi Andy tidak mudah. Pasalnya, dari jutaan atlet atletik Indonesia  baru atlet asal NTB yang sukses menjuarai kejuaraan dunia di usia junior. Menurut Andy, apapun hasil yang diraih Zohri di Olimpiade harus terus didukung oleh masyarakat Indonesia khususnya NTB. Pasalnya Zohri masih punya kesempatan untuk berlaga di Olimpiade berikutnya, mengingat usia Zohri masih sangat muda (21 tahun).

Sebagaimana diberikan, atlet andalan NTB, Lalu Muhammad Zohri belum mampu menorehkan prestasi gemilang untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo tahun 2021. Tampil pada Heat  ke-4 nomor 100 meter putra cabang olahraga atletik, atlet asal Kabupaten Lombok Utara (KLU) hanya mampu finis diperingkat 5 dari delapan pelari di Olympic Stadium, Sabtu, 31 Juli 2021.

Peringkat pertama di heat tersebut adalah Gift Leotlela dari Afrika Selatan dengan waktu 10,04 detik. Di susul pelari Tiongkok Su Bingtian dengan 10,05 detik, dibayangi  sprinter St Kitts and Nevis Jason Rogers lewat 10,21 detik. Sementara Zohri mencatat waktu 10.26 detik.

Sekum Pengprov PASI NTB, Agus Sukmayadi  bersama Ketua Kontingen PON NTB, H. Mori Hanafi dan Ketua Umum KONI NTB, H. Andy Hadianto juga ikut menyaksikan laga Zohri lewat acara nonton bareng yang digelar Kafe Bale Rasa Gunung Sari malam itu.

Dikatakan Agus, laga 100 meter Olimpiade tahun 2021 menampilkan tujuh Heat. Masing-masing pelari yang lolos ke babak berikutnya sebanyak 21 atlet. Yakni diambil tiga pelari terbaik di masing-masing heat. Sementara Zohri yang turun di heat keempat meraih peringkat lima.

Meski Zohri gagal menorehkan prestasi, namun Agus memuji penampilan Zohri di event tersebut. Pasalnya Zohri  menjadi satu-satunya atlet asal NTB yang bisa mewakili Indonesia di event tersebut.

“Penampilan Zohri sudah maksimal. Dia masih muda masih bisa dipersiapkan lebih baik lagi kedepannya,” ujar Agus.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Kontingen PON NTB, H. Mori Hanafi. Komandan Pelatda PON NTB ini mengaku sangat bangga melihat putra NTB, Zohri bisa mewakili Indonesia di event tersebut. Ia berharap Zohri bisa tetap semangat menghadapi event-event yang akan datang.

Alasannya Zohri masih muda, dan masih bisa tampil lagi di Olimpiade berikutnya. “Kita bangga punya pelari seperti Zohri. Dia pelari masa depan Indonesia yang masih punya kesempatan  mengikuti Olimpiade berikutnya,” ucapnya. (fan)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional