Fungsi RTH Pagutan Belum Dimaksimalkan

Beberapa bocah tengah bermain voly di RTH Pagutan, Jumat, 13 Maret 2020. Selama ini, RTH Pagutan belum bisa dimanfaatkan optimal oleh Pemerintah Kota Mataram. (Suara NTB/viq).

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram mengaku sejauh ini fungsi ruang terbuka hijau (RTH) Pagutan dengan luas 8,6 hektar di kelurahan Pagutan Timur belum bisa dimaksimalkan. Karena, beberpa kegiatan Pemkot Mataram masih terpusat di sebelah Utara kota Mataram.

“Memang kita berharap semua Dinas terkait di Pemkot Mataram bisa membuat program dan kegiatan di RTH Pagutan. Baik dinas Pertanian, Pariwisata dan Dispora Kota Mataram dan dinas lainnya,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Mataram, H. Kemal Islam, Jumat, 13 Maret 2020.

Iklan

Selama ini jelas Kemal, pusat kegiatan di Mataram masih berada di sebelah Utara kota Mataram. Sepeti di eks Bandara, Rembiga, Pejanggik, dan Lingkungan jalan Udayana Mataram. Padahal Car Free Day (CFD) yang dilaksanakan di jalan Udayan setiap hari minggu bisa dilaksanakan juga dilaksanakan di RTH Pagutan.

“Kenapa tidak, di RTH Pagutan kan polusi udaranya lebih bagus dari jalan Udayana. Kita juga siapkan arena untuk lintasan sepeda di sana,” sebutnya. Juga, Dinas Pariwisata Kota Mataram diminta, bisa membuat satu agenda wisata baru yang terpusat di RTH Pagutan.

Area RTH Pagutan diyakini pas untuk segala macam bantuk kegiatan. “Jika ada CFD, lahan RTH Pagutan kan cukup luas. Jadi, kita dorong teman-teman di sana bisa adakan CFD juga,” terangnya. Sementara, untuk kegiatan lainnya, seperti Operasi Pasar dan kegiatan petani juga bisa dilakukan di RTH Pagutan. Sebab jelas Kemal, selama ini fungsi RTH Pagutan belum bisa dikelola dengan maksimal. “Kalau bisa semua dinas bisa masuk ke RTH Pagutan dengan beberapa programnya,” katanya.

Juga, seluruah Camat dan Lurah di Mataram, agar menggerakkan kegiatan usaha di RTH  Pagutan. “Ayo cobalah kita adakan OP di sana yang lebih besar. Kenapa kita tidak bisa laksanakan, sangat bisa kan,” katanya.

Untuk penanda adanya RTH Pagutan di Kelurahan Pagutan Timur jelas Kemal, pihaknya berencana membangun gapura dan pintu gerbang masuk ke RTH Pagutan. “Saya sudah targetkan, penanda adanya RTH di sana. Kita akan buatkan gapura dan gerbangnya nanti pada tahun 2021. Kita juga berharap ada keseimbangan kegiatan untuk wilayah kota Mataram di bagian selatan seperti di RTH Pagutan,” tutupnya. (viq)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional