Fud Syaifuddin Tanggapi Isu Eksploitasi Gunung Semoan

Fud Syaifuddin saat berkampanye di salah satu titik di kelurahan menala, Senin (26/10).(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Calon Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin akhirnya menanggapi isu eksploitasi Olat (gunung) Semoan yang selama ini erat dikait-kaitkan dengan pihaknya selama ini.

Saat berkampanye¬† di Kelurahan Menala, Kecamatan Taliwang, Senin, 26 Oktober 2020, dihadapan warga ia menegaskan, bahwa aktivitas tambang di gunung dalam kota itu baru tahap permulaan. “Mereka itu baru ekplorasi. Belum menambang (produksi),” tegasnya.

Iklan

Dijelaskan Fud, saat waktunya tiba, ketika perusahaan akan memulai produksinya Pemda KSB akan memastikan hak-hak masyarakat diakomodir oleh perusahaan. “Memang kewenangan izin sudah tidak ada di tangan kami (kabupaten). Tapi nanti kalau akan mulai nambang mereka akan butuh rekomendasi kabupaten sebagai daerah penghasil. Dan saat itulah kita akan tegas ke perusahaan. Kalau tidak menguntungkan masyarakat KSB kita akan tolak kehadiran mereka di sini,” janjinya.

Selanjutnya ia menyampaikan, terkait eksploitasi sumber daya alam daerah, Pemda dan masyarakat KSB sudah punya pengalaman dengan kehadiran proyek tambang Batu Hijau di Kecamatan Sekongkang. Meski kontribusi tambang tersebut ada, namun manfaatnya tidak bisa maksimal bagi daerah. ‘Insyaallah kalau kami terpilih lagi. Dan secara pribadi misalnya masih menjabat wakil (bupati) saja. Saat perusahaan yang akan menambang di sana (olat semoan) tidak memberi jaminan kontribusi terbaik bagi masyarakat, saya yang akan berada di garda terdepan menolaknya,” tandasnya.

Terakhir, Fud menyampaikan, menolak kegiatan penambangan di daerah saat ini sudah sangat sulit. Sebab selain izin aktivitas beberapa perusahaan yang sedang berjalan saat ini sudah terbit sejak lama. Dan ditambah lagi kewenangannya telah berpidah ke tangan pemerintah pusat. Bahwa yang perlu disadari masyarakat KSB, potensi daerah terbesar adalah sektor pertambangan.

“Suka atau tidak. Potensi (KSB) adalah tambang. Dan tugas kita kemudian bagaimana itu bisa memberikan kesejateraan bagi rakyat. Dan saya akan kawal untuk memastikannya,” pungkas Fud.(bug)