FT Unram Berhasil Manfaatkan Limbah Tebu Jadi Alkohol

Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah saat berkunjung ke Unram beberapa waktu lalu menerima produk alkohol produksi FT Unram dari Rektor Unram H. Lalu Husni (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Berbagai inovasi terus dihasilkan Universitas Mataram (Unram). Kali ini, Fakultas Teknik Unram berhasil menyulap limbah tebu menjadi bahan alkohol. Proses pengolahan dilakukan di laboratorium Energi Baru Terbarukan milik FT Unram.

“Laboratorium ini dimanfaatkan untuk pengolahan limbah tebu menjadi alkohol,” kata Rektor Unram Prof. Dr. H. Lalu Husni, SH., M.Hum., belum lama ini.

Iklan

Bekerjasama dengan PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) dan Pemda NTB, Unram berhasil memproduksi alkohol 75 persen sebagai bahan baku pembuatan hand sanitizer.

Prof. Husni mengatakan bahwa pengolahan limbah tebu di Laboratorium Energi Baru Terbarukan milik Fakultas Teknik Unram sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan alkohol untuk bahan pembuatan hand sanitizer yang semakin dibutuhkan untuk memenuhi protokol kesehatan.

Unram, kata Prof. Husni bekerjasama dengan pabrik gula PT. SMS yang menyediakan limbah sari tebu sebanyak 20 ton. Limbah tersebut diolah di Laboratorium Energi Terbarukan Fakultas Teknik Unram menjadi alkohol 75 persen. Selanjutnya hasil pengolahan tersebut diserahkan ke Pemda. “Hasil laboratorium berupa alkohol 70-80 persen merupakan bahan pembuatan sanitizer dan disinfektan  hasil olahan laboratorium Fakultas Teknik dari limbah sari tebu yang diberikan oleh PT. SMS yang memproduksi gula di Dompu,” ujarnya.

Sementara itu, Prof. Husni mengingatkan agar semua pihak dapat bersinergi dalam penangnan Covid-19. “Unram sebagai perguruan tinggi berperan sesuai kapasitasnya, yakni membantu penanganan Covid-19 dalam hal ini menyediakan bahan baku handsanitaizer yang sangat dibutuhkan. Kita memiliki sumber daya, untuk itu harus kita manfaatkan,”pungkasnya. (dys)