Forum Kades Sekotong-Lembar Dikukuhkan

Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah dan Wabup Lobar Hj. Sumiatun bersama Forum Kades Kecamatan Sekotong – Lembar usai dikukuhkan di Sekotong, Minggu, 4 Juli 2021. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Forum Kepala Desa (Kades) Sekotong Lembar (Foksel) dikukuhkan Wakil Bupati (Wabup) Lombok Barat (Lobar) Hj. Sumiatun di Sekotong, Minggu, 4 Juli 2021. Pengukuhan itu dihadiri Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan sejumlah kepala OPD Lobar maupun provinsi. Hadir pula, tokoh masyarakat Lobar, H. L. Daryadi, Anggota DPRD NTB L. Ahmad Ismail dan pengurus Forum Kades Kecamatan lain di Lobar.

Dalam sambutannya, Wabup Hj Sumiatun berharap Foksel yang dikukuhkan tetap menjalin silaturahmi, komunikasi baik dengan masyarakat, Pemda Lobar dan provinsi. Hal ini penting untuk menyelesaikan berbagai persoalan di bawah. Selaku wabup ia menitipkan masyarakat untuk diberdayakan. “Jangan sampai lebih sendiri, seperti disampaikan Pak Gubernur, jalin sinergi, silaturahmi, dan komunikasi,” jelasnya.  Beberapa hal yang perlu menjadi atensi adalah persoalan sampah dan penanganan Covid-19.

Iklan

Sementara Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah mengatakan daerah Lobar khususnya Sekotong dan Lembar memiliki potensi alam yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai desa wisata. Tidak hanya itu, daerah ini juga memiliki potensi perikanan dan kelautan begitu besar. Bahkan banyak proyek nasional skala besar nanti akan segera dimulai.

Gubernur pun berpesan, melalui forum ini, kepala desa harus bersinergi dan bekerjasama untuk mengembangkan potensi ini. Menurutnya tidak mudah membuat sebuah forum kades, karena para kades ini pemimpin di desa yang memiliki kekurangan dan kelebihan. “Sehingga penting bekerjasama, karena itu kemauan untuk membuat forum ini langkah maju. Saya lihat desa di Sekotong dan Lembar sekarang jauh lebih maju,” ujarnya.

Bang Zul pun memberikan sebuah ilustrasi cerita konferensi organ tubuh tentang bagaimana pentingnya bekerjasama dan menghormati. Pesan dari cerita sederhana itu, kadangkala kerjasama itu-tidak akan terjadi kalau ada satu yang merasa saling penting.

Sementara itu, Ketua Forum Kades Sekotong-Lembar H. M. Haderan Farizal mengatakan program ke depan forum adalah menjalin silaturahmi dan persaudaraan. Sehingga kalau itu terjalin, maka apa yang direncanakan akan bisa berjalan. Melalui beberapa divisi, seperti Divisi Humas, Informasi dan Komunikasi serta Divisi Ekonomi dan Pariwisata. Pihak forum akan melakukan kerjasama dengan desa di dua kecamatan untuk dikomunikasikan di level kabupaten dan provinsi.  (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional