Forta Lobar Gandeng Donatur Bagikan Daging Kurban untuk Anak Yatim dan Duafa

Forum wartawan (Forta) Lobar menggandeng donatur membagikan ratusan kantong daging hewan kurban

Giri Menang (Suara NTB) – Momenq Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah dimanfaatkan oleh Forum Wartawan (Forta) Lombok Barat dengan membagikan 250 lebih kantong daging kurban kepada para yatim piatu dan duafa yang ada di Kabupaten Lombok Barat, pada Rabu, 21 Juli 2021.
Kegiatan penyaluran hewan kurban yang digagas Forta Lobar menggandeng banyak pihak. Sumbangan untuk pembelian hewan kurban dan juga hewan kurban didapatkan dari berbagai donator.

Para donatur itu, di antaranya Lembaga Dakwah Islam Indonesia, PT Air Minum Giri Menang, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid bersama Sekda Lobar H. Baehaqi, Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, PT Maulana Raya Lombok, PLTU Jeranjang, SPBE PT Om Agus Lembar, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Irvan Surahman, PT Putra Pribumi Perdana, dan donator perorangan lainnya. Selain dari donatur, dana pembelian hewan juga berasal dari urunan para wartawan Lobar.

Iklan

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban bekerja sama dengan Pemerintah Desa Badrain Kecamatan Narmada. Di mana hewan kurban yang dipotong berupa dua ekor sapi dan dua ekor kambing. Satu ekor sapi bantuan dari LDII. ”Alhamdulillah tahun ini bisa berbagi satu ekor sapi untuk masyarakat di Lombok Barat bersama rekan-rekan media,” kata Ketua DPW LDII NTB, Abdullah A Karim.

Ia menerangkan pembagian hewan kurban ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Walaupun masa pandemi, ia melihat keinginan untuk berbagi masih tinggi. ”Untuk di NTB total hewan kuban yang terkumpul mencapai 142 ekor sapi dan 41 ekor kambing,” terangnya.

Hewan kurban ini tersalur untuk seluruh wilayah Provinsi NTB. Di mana pengumpulan hewan kurban dilakukan di tempat kegiatan pengajian-pengajian. ”Sebagian besar untuk penyaluran hewan kurban diserahkan ke masyarakat di sekitar lingkungan kegiatan penyembelihan dan kegiatan pengajian,” imbuhnya.

Penyembelihan dan pembagian hewan kurban dilakukan secara langsung dan diberikan ke penerima. Ini bertujuan untuk bisa tetap menjaga protokol kesehatan di tengah pandemi saat ini. Dengan ini tidak akan menimbulkan kerumunan di tengah penerapan PPKM kala ini. ”Hewan yang disembelih pun harus memenuhi persyaratan mulai dari halal, sehat, tidak cacat, serta higienis,” tuturnya.

Diharapkan dengan penyaluran hewan kurban ini bisa membantu masyarakat terdampak pandemi. Disamping itu bisa meningkatkan gizi masyarakat untuk menunjang imunitas yang dibutuhkan di tengah Covid-19 sekarang. ”Semoga ini bisa membantu masyarakat dan meningkatkan imun. Kami mengimbau masyarakat untuk taat menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Forta Lobar, M. Haeruzzubaidi mengatakan, daging kurban yang dibagi ini merupakan bantuan dari para donatur yang ingin berbagi kepada masyarakat pada hari raya idul adha, di masa pandemi ini. “Alhamdulillah hewan kurban yang kita potong ini, bantuan dari banyak donatur untuk warga yang tidak mampu,” kata Heru.

Dari dua ekor sapi dan dua ekor kambing, dikemas menjadi 250 paket daging kurban untuk dibagi ke beberapa wilayah di Kabupaten Lombok Barat, seperti di Kecamatan Labuapi, Kediri, Narmada, Gerung, dan Kecamatan Sekotong. Sasaran penerima yaitu warga yang tidak mampu, yatim piatu, duafa, panti asuhan, dan warga yang terdampak Covid-19. “Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa membantu kebutuhan warga di tengah pandemi ini,” harapnya.

Sementara itu, Kades Badrain Romi Purwandi mengatakan, pihaknya berterima kasih diajak kolaborasi oleh wartawan Lobar untuk penyembelihan hewan kurban. “Ini juga sangat membantu warga kami, apalagi di tengah kondisi pandemi,” ujarnya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional