Formasi Dokter Gigi di Dompu Belum ada Peminat

VERIFIKASI - Suasana saat verifikasi faktual di kantor BKDPSD Kabupaten Dompu untuk meneliti berkas para pelamar CPNS tahun 2018. (Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Jumlah pendaftar CPNS di Kabupaten Dompu secara online sudah mencapai 3.410 pendaftar dan dokumen yang sampai melalui pengiriman via pos sudah 1.559 pelamar. Kendati pelamar mencapai ribuan, formasi untuk tenaga dokter gigi belum satupun yang melamar.

Kepala BKD Dompu, Ir Ruslan kepada Suara NTB saat dikonfirmasi, Jumat,  12 Oktober 2018 mengungkapkan, jumlah lamaran CPNS yang diterima pihaknya melalui paket pengiriman pos Indonesia sudah mencapai 1.559 pelamar. Sementara yang mendaftar di sistem pendaftaran online untuk Kabupaten Dompu sudah mencapai 3.410 orang pendaftar. Berkas lamaran ini masih ditunggu hingga 15 Oktober 2018 stempel pos. “Masa pendaftaran sampai 15 Oktober,” ungkapnya.

Iklan

Berdasarkan data pendaftar di situs online SSCN, dikatakan Ruslan, untuk formasi dokter gigi belum satupun tersisi dari 2 formasi yang diminta untuk RSUD dan UPTD Puskesmas Soriutu. Begitu juga dengan formasi guru honorer K2 baru 5 orang yang mendaftar secara online dari 42 formasi yang diminta. Pihaknya masih hingga batas akhir pendaftaran 15 Oktober 2018.

Kepala bidang pengembangan pegawai dan SDM pada Badan Kepegawaian Daerah dan PSDM Kabupaten Dompu, Asraruddin, SH yang dihubungi terpisah mengaku, tidak bisa berbuat apa – apa ketika ada formasi yang tidak terisi saat masa pendaftaran. Formasi tersebut akan dibiarkan kosong bila tidak ada pelamarnya. “Kalau sampai batas waktu pendaftaran tidak ada pelamarnya, kita biarkan. Karena kita ndak bisa apa – apa,” ungkapnya.

Pendaftaran CPNS pada perekrutan CPNS tahun 2018 hanya bisa dilakukan pada 1 instansi pemerintah dan pendaftaran ini berlangsung serentak secara nasional. Sehingga pelamar tidak bisa mengajukan pendaftaran di beberapa daerah dan pendaftaran pertama yang digunakan. Kondisi ini membuat pencari kerja tidak memiliki banyak pilihan untuk melamar. (ula)