Formasi CPNS Lotim Disesuaikan dengan Ketersediaan Anggaran

Selong (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) melalui Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) hingga saat ini masih menunggu kejelasan terkait kuota atau formasi dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Pasalnya, dari yang diusulkan Pemkab Lotim sebanyak 4.992 formasi, saat ini masih disesuaikan dengan ketersediaan dengan anggaran yang ada.

“Sedang dilengkapi di BPKAD untuk penyesuaian anggaran yang ada di kabupaten untuk pengadaan pegawai dalam penerimaan CPNS tahun ini,” terang Kabid Data dan Formasi pada BKPSDM Lotim, Muhammad Bahrain, kepada Suara NTB, Senin, 21 Mei 2018.

Iklan

Disebutkannya, dari 4.992 formasi itu yang paling banyak yakni tenaga guru dan kesehatan. Adapun untuk kepastian tergantung dari KemenPAN-RB karena yang menjadi tolak ukur, yakni perbandingan belanja publik dengan belanja pegawai. Disinggung terkait deadline pada hari Rabu besok kabupaten/kota harus menyerahkan usulan formasi CPNS ke provinsi, ia memastikan hari Selasa ini dapat diserahkan. “Saat ini masih menunggu jawaban dari BPKAD. Jika ketersediaan anggaran sudah pasti, maka langsung dibawa ke provinsi untuk selanjutnya ke pemerintah pusat,” ujarnya.

Adapun, kondisi jumlah PNS di Lotim hingga bulan Desember 2017 sebanyak 10.946 orang, dari jumlah itu yang sudah pensiun untuk Batas Usia Pensiun (BUP) sebanyak 324 orang. Sedangkan untuk pensiun Atas Permintaan Sendiri (APS) sebanyak 7 orang dan pensiun meninggal sebanyak 25 orang. Sehingga total keseluruhannya sebanyak 446 orang. Jumlah itu diyakini terus bertambah di tahun 2018 ini terutama ASN yang mengajukan pensiuan dini dan beberapa faktor lainnya.

“Saat ini masih penghitungan anggaran belanja pengadaan pegawai untuk penggajian dan lain sebagainya. Persoalan harus selesai hari ini dan besok,” harapnya. (yon)