Forkopimda Lobar Studi Tiru Penanganan Stabilitas Keamanan ke Sidoarjo

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dan Forkopimda saat melakukan kunjungan ke Pemkab Sidoarjo. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lombok Barat (Lobar) melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Sidoarjo Jawa Timur selama tiga hari (Senin 21 Desember-Rabu 23 Desember).  Kunjungan ini dipimpin langsung Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Forkopinda Lobar memilih kabupaten dengan jumlah penduduk 2,26 juta Jiwa lebih ini, karena memiliki tingkat stabilitas keamanan relatif kondusif.

Rombongan Forkopimda terdiri dari Bupati Lobar, Sekda Dr. H. Baehaqi, Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, Kapolres Lobar AKBP Bagus S Wibowo, Dandim 1606/Lobar Kol. Arm. Gunawan, Wakil Ketua DPRD Ahmad Suparman.

Turut mendampingi bupati, Kepala Bappeda H Ahmad Syaikhu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan H. L. Moh. Hakam dan beberapa pejabat terkait lainnya. Forkompimda yang sedianya diterima Pejabat (PJ) Bupati, Dr Hudiono, M.Si., namun berhalangan karena pada saat bersamaan mengikuti kegiatan di kantor Pemprov Jatim.

Dalam sambutanya, Sekda Sidoarjo Achmad Zaini berharap studi tiru ini mampu mempercepat pembangunan kedua daerah. Ia berharap program dan pengalaman yang dimilki Pemkab Sidoarjo bisa diamati, ditiru dan dimodifikasi oleh Pemkab Lobar. Begitu juga sebaliknya, Sehingga mempercepat pembangunan di masing-masing daerah.

Pemkab Sidoarjo jelas dia, memiliki 18 kecamatan dengan 322 desa dan 31 kelurahan. Dampak lumpur Lapindo, beberapa desa terpaksa harus dimerger.

Sementara Bupati Lobar H. Fauzan Khalid menjelaskan, kedatangan Forkopimda Lobar ingin mengetahui sistem kerja, komunikasi, koordinasi dari Forkopimda Sidoarjo. “Karena kita ketahui bersama, Sidoarjo kota besar. Berbatasan dengan kota Surabaya (kota terbesar kedua di Indonesia) tapi sangat stabil pemerintahan dan masyarakat di sini. Jarang kita dengan ada keributan di masyarakat. Dan di sana pasti ada peran Forkopimda dalam membina masyarakat. Itu kami ingin tahu bagaamana kiat-kiatnya,”jelas dia. (her)