Fokus Hadapi Pileg, PDIP Mataram Belum Siapkan Calon untuk Pilkada 2024

Made Slamet (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – DPC PDIP Kota Mataram telah selesai melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) beberapa waktu lalu. Akan tetapi hasilnya tidak merekomendasikan satupun kader untuk disiapkan sebagai calon Kepala Daerah di Pilkada serentak Kota Mataram tahun 2024 mendatang.

Berbeda dengan sejumlah DPC PDIP lainnya yang langsung menetapkan dan merekomendasikan kadernya untuk dicalonkan sebagai kepala daerah, seperti DPC PDIP Kabupaten Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Iklan

‘’Kalau kami di Mataram, kami memilih konsolidasi internal dulu. Memperkuat struktur partai yang harus benar-benar dipersiapakan untuk menghadapi Pileg yang dilaksanakan lebih dahulu dari Pilkada,’’ ucap Ketua DPC PDIP Kota Mataram, Ir.Made Slamet di kantornya, kemarin.

Menurutnya dengan fokus merapikan mesin politik partai untuk menghadapi pemilu 2024. Pada saat yang bersamaan sesungguhnya partainya juga tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi Pemilihan Walikota Mataram 2024.

“Untuk bisa mencalonkan kepala daerah, kan ada persyaratan. Maka pilihan kami, kami kejar target perolehan kursi minimal 20 persen dulu. Kalau itu tercapai lebih mudah kita untuk mencalonkan kader di Pilkada,” katanya.

Diketahui memang untuk pengusung calon kepala daerah 2024, akan menggunakan perhitungan perolehan kursi DPRD hasil pemilu 2024. Saat ini PDIP Mataram hanya memiliki lima kursi, sementara untuk mencapai 20 persen, PDIP harus menambah tiga kursi lagi sehingga menjadi 8 kursi.

“Minimal target kita itu semua dapil dapat terisi, ada enam dapil di Mataram. Tapi kami tetap targetkan menjadi partai pemenang pemilu. Makanya kita fokus konsolidasi internal, dengan memperbanyak program-program yang menyentuh ke masyarakat,” ujarnya.

Adapun alasan lain mengapa pihaknya tidak mengikuti DPC PDIP lainnya yang tidak merekomendasikan kader sebagai calon kepala daerah. Karena keringat perjuangan pada pilkada serentak 2020 lalu, PDIP Mataram yang mengusung Putu Selly Andayani belum kering.

“Saya mungkin khusus bicara Kota Mataram, ini belum kering tintanya, Pilkada baru tahun lalu, bekasnya juga belum kita bersihkan. Jadi karena kondisi kita baru selesai, maka bicara Pilkada kurang tepat. Kita fokus Pilkada kemarin jadi evaluasi internal,’’ jelasnya.

“Kalau mengenai kebijakan DPC lain yang sudah mencalonkan kader internal, itu sudah menjadi keharusan memberikan peluang pada kadernya. Tapi kalau kami, kalau dari sekarang menetapkan calon, terus itu tidak jadi, kan malu kita kepada masyarakat,” pungkasnya. (ndi).

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional