FK Unizar Melantik dan Mengambil Sumpah Dokter Periode XXIII

18 orang dokter muda yang telah dilantik dan diambil sumpahnya foto bersama dengan Dekan FK Unizar, dr. H. Artha Budi Susila Duarsa dan Ketua Yayasan Islam Luhur Al-Azhar, H. Nanang Samodra KA. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram (FK Unizar) melantik dan mengambil sumpah Dokter Periode ke-XXIII (23) di Auditorium Abdurrahim, Unizar, Kamis, 31 Januari 2019.

Dokter muda yang akan dilantik dan disumpah adalah mahasiswa Program Pendidikan Profesi Dokter (PPPD) yang telah menyelesaikan kepaniteraan klinik dan lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD) periode November 2018.

Pelantikan dan Sumpah Dokter ini dihadiri oleh tamu undangan. Diantaranya Direktur RS Pendidikan Utama-RSU Bangli, Direktur RS Pendidikan Satelit-RSUD Klungkung, Direktur RS Pendidikan Afiliasi-RSJ Provinsi Bali, Ketua Yayasan Islam Luhur Al-Azhar, Ketua Komite Koordinasi Pendidikan (Komkordik) dan Tim Kordik masing-masing RS Pendidikan, para Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan Unizar.

Sebanyak 18 orang dokter muda dilantik dan diambil sumpah secara langsung oleh Dekan FK Unizar, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes. Di saat yang sama, seluruh hadirin mengheningkan cipta untuk mengenang Rektor Unizar, Bapak Ahmad Firdaus Sukmono, SH, SE, MH yang telah berpulang ke Rahmatullah pada Senin, 14 Januari 2019.

Peran Rektor Unizar  terhadap perkembangan Unizar  khususnya FK Unizar sangat nyata dan memberikan kontribusi terbaik. Sehingga FK Unizar  mampu mencapai target 5 tahun batch pertama, yaitu Akreditasi B Lam-PTKes pada tahun 2018. Pengelolaan Fakultas Kedokteran tidak terbilang mudah, namun perlu orang yang tepat dan tekun agar bisa meningkatkan kualitas program pendidikan kedokteran baik di tingkat wilayah, nasional maupun internasional.

Dalam sambutannya, dr. Artha menyampaikan bahwa Fakultas Kedokteran Unizar telah mencanangkan garis-garis besar strategis dalam rangka persiapan Akreditasi FK Unizar  pada 5 tahun batch kedua. Tidak hanya itu, dalam jangka waktu 10 tahun ke depan FK Unizar  telah menargetkan Akreditasi A dengan kualitas sumber daya dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang lebih baik lagi.

‘’Di Awal tahun ini, RSUD Klungkung telah mendapatkan sertifikat RS Pendidikan Satelit dari Kemenkes RI dan tak lama lagi, RSJ Provinsi  Bali akan segera tersertifikasi sebagai RS Pendidikan Afiliasi FK Unizar. Selain itu, FK Unizar  telah menjalin kesepakatan bersama dengan RSUD Dr. R. Soedjono, Selong sebagai RS Jejaring Strategis FK Unizar,’’ ungkap Dekan FK Unizar, yang diikuti tepuk tangan para hadirin.

Yayasan Islam Luhur Al-Azhar Mataram sangat mendukung perkembangan FK Unizar  dari mulai penerimaan mahasiswa baru hingga menghasilkan lulusan terbaik FK Unizar. Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Islam Luhur Al-Azhar, Ir. H. Nanang Samodra Kusuma Abdurrahim, M.Sc mengatakan bahwa yayasan telah berkomitmen penuh untuk memaksimalkan dana pendidikan guna pengembangan proses pendidikan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pelantikan dan sumpah dokter periode ke XXIII diakhiri dengan penyematan pin IDI oleh dr. Doddy Ario Kumboyo, Sp.OG(K) selaku Ketua IDI Provinsi NTB dan beberapa lagu yang dipersembahkan oleh Paduan Suara Gita Gempita FK Unizar. (nas/*)