Festival Moyo, Kapal Pesiar Merapat di Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bertepatan dengan gelaran Festival Moyo 2016 hari ke-7, kapal pesiar “Caledonian Sky” bersandar di Pelabuhan Badas, Rabu, 28 September 2016. Para wisatawan mancanegara sebanyak 79 orang dari berbagai negara yang melakukan pelayaran wisata dari Pulau Komodo menuju ke Benoa, Bali, transit di Kabupaten Sumbawa.

Kedatangan wisatawan mancanegara yang dipandu oleh guide dari Kencana Hotel Sumbawa yang merapat sekitar pukul 06.30 Wita berkeliling Kota Sumbawa Besar. Dimulai dari Pamulung – Karang Dima, para pelancong disuguhkan Barapan Kebo, Ngumang dan beberapa paket atraksi yang tersedia di Pamulung.

Iklan

Pemkab Sumbawa diwakili oleh Sekretaris Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar), Nurhinsyah, S.IP, M.Si dan Kabag Humas Setda Kabupaten Sumbawa Rachman Ansori M.Se, menyambut kedatangan para wisman ini di Istana Dalam Loka. Sekretaris Disporabudpar, Kabag Humas dan beberapa staf Disporabudpar membagikan “Sumbawa Tourism Map” kepada para wisman. “Kunjungan wisatawan mancanegara ini, akan kami terus komunikasikan dan koordinasikan dengan para pelaku wisata, para pemandu wisata baik yang ada di Kabupaten Sumbawa maupun di Lombok dan Bali,”demikian disampaikan Pincun.

Selain itu juga, kedepan seperti yang diamanahkan oleh Bupati Sumbawa pada Pembukaan Festival Moyo 2016, Disporabudpar dan seluruh elemen terkait akan melakukan pembenahan dan evaluasi terkait dengan tata kelola pariwisata di Kabupaten Sumbawa maupun penyelenggaraan Festival Moyo di masa mendatang.

Salah orang koordinator guide, Wati dari Kencana Hotel Management, menyampaikan seluruh wisatawan yang berkunjung hari ini merasa puas dan enjoy setelah menginjakkan kaki di Sumbawa. Berkeliling dari Pamulung ke Bala Kuning dan Istana Dalam Loka, bahkan salah seorang wisman mencoba sensasi kebo barapan walaupun terjatuh namun sangat enjoy menikmatinya. Siang ini jam 12.00 Wita mereka akan melanjutkan pelayaran ke Benoa,’’ demikian Wati.

Kabag Humas menyampaikan informasi yang diperoleh dari Ibu Wati, direncanakan tanggal 6 Desember 2016 nanti, juga akan berlabuh Kapal Pesiar yang diperkirakan akan membawa 150 wisman untuk kembali berkunjung ke Sumbawa sebagai bagian dari paket pelayaran wisata. Informasi ini akan disampaikan kepada Pimpinan, untuk bersama-sama dengan elemen terkait melakukan persiapan-persiapan khususnya di sekitar Kota Sumbawa Besar. (arn)