Festival Mentaram, Disbudpar Gelontorkan Dana Rp 700 Juta

Mataram (suarantb.com) – Untuk ajang promosi pariwisata Kota Mataram dalam bentuk Festival Mentaram 2016, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram menggelontorkan dana lebih dari Rp 700 juta. Festival yang akan digelar di akhir November ini ditujukan untuk menarik kunjungan wisatawan asing maupun domestik ke Kota Mataram.

Festival ini menonjolkan empat bentuk kegiatan, yaitu festival permainan rakyat, festival kuliner, parade budaya dan penggarap kesenian. Festival ini akan dilaksanakan selama tiga hari di akhir bulan November. Mengenai jadwal pastinya, Disbudpar masih menunggu penetapan dari Walikota Mataram.
“Tergantung keputusan, kalau penetapannya minggu depan, seminggu setelah itu sudah kita urus administrasi,” jelas Kepala Disbudpar Kota Mataram, H. Abdul Latif Nadjib.

Iklan

Pelaksanaan Festival Mentaram 2016 ini dijadwalkan terlambat dari perencanaan sebelumnya. Sebab, festival yang sudah ditetapkan menjadi agenda tahunan ini terbentur dengan adanya pelaksanaan MTQ Nasional yang dilaksanakan beberapa bulan lalu. Sehingga, Festival Mataram terpaksa diundur hingga November.

Pada 2017 mendatang, pelaksanaan festival tahunan ini akan ditarik lebih awal sekitar Februari-Maret 2017. Sehingga dapat digelar bersamaan dengan Mataram Great Sale (MGS). MGS maupun Festival Mentaram memiliki visi yang sama, yaitu menarik kunjungan wisatawan.

Kota Mataram mengharapkan kunjungan wisata tahun ini meningkat. Mengingat pelaksanaan festival ini bertepatan dengan diselenggarakanhya agenda Teknologi Tepat Guna (TTG) yang juga berpusat di Kota Mataram. Dengan demikian, sekitar 10 ribu kunjunga wisata dapat dicapai.

“Kita targetkan sebanyak-banyaknya. Dan kita harapkan tahun ini akan lebih banyak lagi, karena kan hampir bersamaan dengan TTG,” harapnya. (rdi)