Fasilitas Penunjang Hampir Lengkap, MGPA Optimis Sirkuit Mandalika Lolos Homologasi

Pengerjaan sejumlah fasilitas penunjang sirkuit Mandalika jelang gelaran WSBK saat ini terus dikebut. Mulai dari pit building sampai tribun penonton. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Direktur Utama Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA), Ricky Baheramsjah, optimis Pertamina Mandalika International Street Circuit bisa lolos proses homologasi. Pasalnya, semua fasilitas penunjang sirkuit yang menjadi syarat untuk homologasi sudah hampir lengkap. Bahkan, beberapa diantaranya sudah rampung pengerjaannya. Tapi ada juga yang saat ini masih proses pengerjaan.

‘’Kalau melihat kelengkapan fasilitas dan kualitas sirkuit ini, kami optimistis dapat lolos proses homologasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM),” sebut Ricky, dalam keteranganya, Rabu, 27 Oktober 2021.

Iklan

Dengan semua fasilitas pendukung yang ada tersebut, pihaknya menegaskan siap menggelar kejuaraan balap motor internasional, baik itu World Superbike (WSBK) pada bulan November besok maupun MotoGP di bulan Maret 2022 mendatang. “Terhadap beberapa fasilitas penunjang sirkuit yang belum rampung, saat ini terus kita kejar penyelesaiannya,” imbuhnya.

Pengecatan kerb pada main track sirkuit, pekerjaan konstruksi pit building, penyelesaian bangunan race control dan observation deck, pemasangan grand stand atau tribun penonton, serta pengisian fasilitas medis pada medical center sirkuit internasional Mandalika.

Untuk pekerjaan pengecatan kerb lintasan sendiri menggunakan alat dan cat khusus yang didatangkan langsung dari Jerman. Dengan melibatkan perusahaan spesialis race track asal Inggris yaitu Roadgrip, yang dilaksanakan oleh mitranya di Indonesia, yakni Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI). “Dalam proses ini kita melibatkan tenaga spesialis yang memang telah mengerjakan sirkuit-sirkuit seluruh dunia seperti Austin, Texas, Zaandvort, Belanda, Yas Marina hingga Abudhabi,” sebutnya.

Kemudian, pengerjaan konstruksi pada pit building terus berjalan dengan progres yang sangat menggembirakan. Bangunan yang menggunakan sistem modular tersebut nantinya akan dibangun tiga lantai. Di mana untuk lantai satu dengaan kapasitas 50 garasi akan digunakan oleh para tim dan kru pembalap. Sementara lantai dua dan tiga sebagai tribun penonton VVIP dan media center serta fasilitas pendukung lainnya..

“Adapun fasilitas race control yang merupakan lokasi supervisi jalannya balapan saat ini sedang dalam tahap finishing fasilitas dasarnta serta instalasi race electronic. Sementara, Observation Deck di area Sirkuit juga dalam tahap finishing pada area toilet dan area drop off,” lanjut Ricky.

Sedangkan untuk tribun penonton umum, saat ini tengah dalam proses pemasangan diempat titik. Diantaranya didekat tikungan 15, 16, 17 dan tikungan 1 serta dan disamping pada finish line. Yang ditargetkan selesai terpasang sebelum event berlangsung WSBK digelar.

“Di tengah pandemi dan semakin dekatnya waktu penyelenggaraan, kami berupaya sangat keras untuk melaksanakan sejumlah pekerjaan di lapangan agar kelengkapan sirkuit dapat selesai tepat waktu. Dan, dengan dukungan serta sinergi yang kuat dengan seluruh pihak, kami optimistis dapat mengejar tenggat penyelesaian kelengkapan sirkuit ini,” tambah Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional