Fasilitas Olahraga akan Jadi Potensi PAD

Kolam renang di Mataram Water Park (MWP) yang masih gratis dikunjungi oleh masyarakat. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram sedang membangun fasilitas olahraga futsal. Proyek dibangun mulai tahun 2019 sebagai upaya memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD). Penarikan retribusi menunggu disahkannya peraturan daerah (Perda).

Pembangunan fasilitas olahraga itu bersumber dari APBD Kota Mataram. Diprediksi lapangan futsal membutuhkan anggaran sekitar Rp200 juta. Prosesnya kata Kepala Dispora, Dr. Mansur dikonfirmasi akhir pekan kemarin, dengan dua tahap pengerjaan. Di tahun 2019 hanya menyelesaikan bagian struktur bangunan saja berupa pondasi dan item lainnya. Tahap kedua akan dilanjutkan tahun ini untuk menyelesaikan bagian inti.

“Tahun lalu cuma bagian pondasi dan struktur saja. Sekarang diselesaikan lagi,” jelas Mansur. Pengadaan fasilitas olahraga dimaksudkan agar masyarakat gemar berolahraga. Selain itu, pihaknya berupaya mengoptimalkan potensi PAD. Namun demikian, payung hukum menarik retribusi belum disahkan.

“Memang arahnya ke sana (PAD, red). Sepanjang tidak ada Perda kita tidak menarik apapun ke masyarakat,” jelasnya.  Penarikan retribusi juga akan diatur terhadap fasilitas olahraga dan aset lainnya. Seperti, Mataram Water Park (MWP) di Kompleks Taman Bumigora dan Sirkuit Selagalas, di Kelurahan Selagalas.

Tidak menutup kemungkinan sambung Mansur, retribusi lain juga akan ditarik terhadap aset milik pemerintah. Misalnya, Dinas Lingkungan Hidup memiliki laboratorium dapat digunakan sebagai uji lab oleh masyarakat atau perusahaan. “Artinya, ada yang bisa dimaksimalkan dari aset milik pemda,” tambahnya.

Produk hukum penarikan retribusi masih sedang dikaji di Bagian Hukum dan Badan Keuangan Daerah (BKD). Kabarnya, payung hukum berupa Perda menunggu pembahasan dan disahkan oleh DPRD. Kolam renang atau MWP saat ini, sudah ramai dikunjungi oleh masyarakat. Pihaknya tetap menggratiskan sepanjang payung hukum belum ada. (cem)