Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINMA Gagas Program ‘’One Lecturer One Book’’

Puluhan buku karya dosen-dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINMA dari program one lecturer one book. (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – Salah satu terobosan program strategis Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram adalah memacu seluruh dosen untuk membuat satu karya buku bahan ajar setidaknya satu buku dalam setahun. Keberhasilan tersebut mendapat apresiasi dari semua pihak.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FTK UIN Mataram Dr. Abdul Quddus, MA., menyampaikan apresiasi dan dukungan yang luar biasa kepada seluruh dosen yang telah turut membuat buku bahan ajar ini.

Iklan

“Alhamdulillah program tersebut bisa dikatakan sukses karena 100 buku karya dosen sudah terbit di akhir tahun 2020 dan sekaligus menjadi kado spesial di awal tahun 2021 ini,” paparnya belum lama ini.

Menurutnya, gagasan baik tersebut penting untuk diteruskan sebagai satu tradisi semangat kompetisi yang luar biasa. Semua dosen merasa terpanggil untuk menuliskan karya-karya terbaik sesuai dengan disiplin keilmuannya. Tentu saja ini menjadi budaya akademik yang baik.

Sementara Dekan FTK UIN Mataram Dr. Hj. Lubna, M. Pd., mengapresiasi seluruh kreativitas dan karya dosen khususnya berkaitan dengan pengembangan karya tulis dosen. Setidaknya 100 buku karya dosen FTK yang diluncurkan di awal tahun 2021 ini.  “Tentu kami sangat bangga terhadap prestasi ini,” ungkapnya.

Dekan FTK mengakui, pada saat digelar launching 100 buku bahan ajar dan referensi hasil karya dosen sangat puas dengan capaian kinerja semangat menulis para dosen. Bahkan pihaknya akan mengagendakan menjadi ajang kompetisi tahunan di tingkat fakultas. Bahkan bila perlu menjadi agenda universitas.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Mataram Dr. Winengan, M.Si., mengungkapkan terobosan yang dilakukan oleh para pimpinan di Fakultas Tarbiyah bersama seluruh dosen menjadi sangat menarik untuk diikuti atau ditiru oleh semua dosen di seluruh fakultas.

Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Mutawali memuji kinerja dekan beserta seluruh jajaran pimpinan dan juga dosen FTK yang telah mampu bersinergi mewujudkan berbagai karya terbaik. Gagasan one lecturer one book tersebut menjadi inspirasi untuk seluruh civitas akademika agar dapat memanfaatkan waktu untuk terus giat menulis

Guru Besar Bidang Filsafat Hukum Islam itu juga mengajak seluruh dosen untuk meningkatkan kecerdasan menulis, sebagaimana tuntutan untuk selalu berkompetisi dan terpublikasi dalam berbagai jurnal nasional dan internasional melalui kemasan program strategis one lecturer one scopus. (dys)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional