Enam Pejabat Kota Mataram Jalani Tes Assessment

Mataram (Suara NTB) – Enam pejabat yang mengikuti seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) lingkup Pemkot Mataram, menjalani tes assessment, Senin, 20 November 2017.

Kepala Bidang Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia BKPSDM Kota Mataram, Ahmad Mujahidin menjelaskan, assessment oleh tim asesor tersebut untuk melihat potensi, kompetensi dan karakter pribadi calon pejabat.

Iklan

Tim assesor memiliki beberapa metode yang digunakan. Yaitu, tes psikometri, dinamika kelompok kemampuan manajerial dan pendalaman. “Yang berkaitan dengan potensi apakah bisa berkembang atau tidak. Nanti itu yang dilihat oleh assesor,” kata Muja.

Dikatakan, hasil assesement ini berpengaruh terhadap penilaian tim panitia seleksi (Pansel), karena bobot penilaiannya 40 persen.

Muja menambahkan, setelah assesement baru Pansel rapat menggabungkan mulai seleksi administrasi, penilaian makalah, presentasi, hasil wawancara personal dan assessment dan plus rekam jejak. “Insya Allah, besok (hari ini,red) Pansel akan rapat pleno,” ujarnya.

Terkait rekam jejak keenam pejabat. Sekretariat Pansel telah bersurat ke Kejaksaan dan Kepolisian untuk melihat rekam jejak peserta. Jika ada catatat nanti berimplikasi ke penilaian. Bila tidak ada respon dari kedua institusi penegak hukum tersebut, maka dianggap clear and clear.

“Belum dapat tanggapan dari kepolisian. Kalau tidak ada tanggapan tetap dianggap clear,” kata Muja.

Sekretaris BKPSDM, Taufik Priyono menambahkan, setelah proses assessment akan ada evaluasi kinerja selama lima hari. Evaluasi ini berkaitan dengan progres pencapaian selama mereka menjabat pada posisinya saat ini. Sementara untuk kepastian pengisian dua jabatan itu, kemungkinan kata dia, dilaksanakan pada bulan Desember. (cem)