Enam Pasangan Kepala Daerah Dilantik Langsung Gubernur di Ibukota Provinsi

H. Lalu Gita Ariadi (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Enam pasangan kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020 akan dilantik langsung oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., di Kota Mataram yang menjadi ibukota Provinsi NTB. Pelantikan direncanakan Jumat, 26 Februari 2021.

Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., mengatakan Pemprov NTB sudah bersurat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai pelantikan enam kepala daerah secara langsung di ibukota provinsi yang dilakukan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan. Karena kepala daerah yang dilantik hanya enam pasangan Bupati/Walikota, maka sangat memungkinkan dilakukan pelantikan secara langsung, dengan jumlah tamu yang terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Iklan

‘’Mungkin lain dengan provinsi besar di Jawa yang (jumlah pasangan kepala daerah yang akan dilantik) puluhan. Kita hanya enam pasangan kepala daerah, terbatas juga yang hadir,’’ kata Sekda dikonfirmasi Rabu, 24 Februari 2021.

Dalam pelantikan enam pasangan kepala daerah yang akan dilaksanakan di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur tersebut. Hanya Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, dan istri yang hadir. “Dengan menerapkan protokol Covid,” kata Wakil Ketua Satgas Covid-19 Provinsi NTB ini.

Sedangkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) masing-masing daerah akan mengikuti acara pelantikan secara virtual. “Suratnya sudah kita sampaikan ke Kemendagri, sedang kita menunggu ini. Sambil menunggu SK pelantikan kepala daerah dari pusat,” terangnya.

Enam pasangan kepala daerah yang akan dilantik, 26 Februari mendatang adalah Walikota/Wakil Walikota Mataram, Bupati/Wakil Bupati Lombok Utara, Bupati/Wakil Bupati Lombok Tengah, Bupati/Wakil Bupati Sumbawa Barat, Bupati/Wakil Bupati Dompu dan Bupati/Wakil Bupati Bima.

Sedangkan untuk Kabupaten Sumbawa, kemungkinan akan diisi Penjabat Kepala daerah. Karena penyelesaian sengketa Pilkada Sumbawa masih berproses di Mahkamah Konstitusi (MK). (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional