Empat Kapolres Baru Dilantik Diminta Langsung Tancap Gas

Kapolda NTB Mohammad Iqbal Sabtu, 15 Agustus 2021 melantik empat Kapolres di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB.(Suara NTB/Humas Polda NTB)

Mataram (Suara NTB) – Empat Kapolres jajaran Polda NTB memulai masa jabatan baru, Sabtu, 15 Agustus 2021. Pimpinan keamanan kewilayahan ini diminta untuk langsung terjun ke masyarakat. Upaya penanganan pandemi Covid-19 belum selesai. Demikian juga dengan penjagaan ketertiban dan keamanan.

“Segera langsung gigi lima. Langsung tancap gas untuk pemeliharaan keamanan dan penegakan hukum yang berkeadilan,” tegas Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, usai pelantikan di lapangan Bhara Daksa Mapolda NTB.

Iklan

Para Kapolres yang dilantik ini diantaranya, Kapolres Lombok Timur AKBP Herman Suriyono; Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin; Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko; dan Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Chandra.

Kapolda mengevaluasi kinerja Kapolres lama yang digantikan dalam hal pengamanan Pilkada Serentak 2020 lalu. Serta penanganan Covid-19 di masing-masing wilayah dengan kerawanannya masing-masing. “Secara umum wilayah hukum yang menjadi pertanggungjawabannya kondusif,” kata Iqbal.

Kemudian para Kapolres baru ini diperintahkan untuk bergerak cepat dalam sistem dukungan penanganan Covid-19. Mulai dari operasi yustisi penertiban protokol kesehatan, penanganan di bidang kesehatan, dan menjaga kondisi sosial.

“Turun langsung, jangan sampai rumah sakit kolaps, oksigen jangan sampai habis. Gencarkan aksi kemanusiaan. Kita yakinkan semua elemen masyarakat bekerja bersama-sama,” terang jenderal bintang dua ini.

Kapolda yakni para Kapolres baru ini punya bekal yang lebih dari cukup untuk memimpin wilayah hukumnya masing-masing. Selama 10 hari terakhir, mereka sudah digembleng berbagai kemampuan teknis.

Seperti manajemen media, pengaturan logistik, anggaran, pengawasan, penyidikan kasus, manajemen lalu lintas, dan kemampuan intelijen. Peningkatan kemampuan ini kemudian diuji langsung di hadapan Kapolda.

“Karena situasi di lapangan beda. Segera sesuaikan dengan cepat. Jadi kalau mau turun panggung dengan penghormatan, maka naik panggungnya harus dengan persiapan matang. Saya yakinkan mereka ini menjadi Kapolres yang mumpuni,” sebut Iqbal. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional