Empat Bank Nasional Biayai Pembangunan Sirkuit Mandalika

Dirut ITDC Abdulbar M. Mansoer, menandatangani perjanjian fasilitas kredit sindikasi dari empat bank nasional untuk pembiayaan pembangunan sirkuit Mandalika di Jakarta, Jumat.

Praya (Suara NTB) – Empat bank nasional dipastikan ikut terlibat dalam pembangunan sirkuit internasional Mandalika dengan menyokong hampir setengah dari kebutuhan anggaran pembangunan sirkuit jalan raya pertama untuk event MotoGP tersebut. Keempat bank nasional yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN tersebut siap menyuntikan anggaran hingga Rp400 miliar, melalui fasilitas kredit sindikasi untuk menuntaskan pembangunan sirkuit internasional Mandalika.

Tidak hanya itu, keempat bank nasional tersebut juga bakal menyuntikkan anggaran hingga Rp150 miliar untuk mendukung pembiayaan persiapan event World Superbike dan MotoGP. Ditambah Fasilitas Non Cash Loan/SBLC jika memang dibutuhkan dengan limit hingga EURO 14,6 juta.

Iklan
Dirut ITDC Abdulbar M. Mansoer, menunjukkan surat perjanjian fasilitas kredit sindikasi bersama perwakilan Kementerian BUMN dan empat bank nasional yang tergabung dalam Himbara, Jumat lalu.

‘’Perjanjian fasilitas kredit  sindikasi untuk  KEK  Mandalika ini sudah ditandatangani, Jumat, 3 September 2021,’’ ujar Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, dalam keterangan yang diterima Suara NTB, Sabtu, 4 September 2021. Seluruh perwakilan bank pemberi kredit dan perwakilan Kementerian BUMN hadir pada penandatanganan perjanjian yang berlangsung di Gedung Kementerian BUMN, di Jakarta tersebut.

Abdulbar mengatakan, dalam rangka mendukung pengembangan kawasan The Mandalika, ITDC menggandeng berbagai pihak. Termasuk BUMN perbankan untuk mendukung pembiayaan pengembangan  kawasan The Mandalika, termasuk didalamnya untuk pembangunan sirkuit internasional Mandalika.

Perjanjian antara ITDC dengan Himbara sendiri diawali dibangun sejak Juli tahun lalu. Di mana Himbara mendukung pembangunan menggunakan skema Pre-Financed Project dalam rangka pembangunan sirkuit internasional Mandalika. “Kesepakatan awal ditandatangani Juli tahun lalu, dan direalisasi tahun ini,” imbuhnya.

Sirkuit internasional Mandalika sendiri dibangun dengan anggaran mencapai Rp 1,3 triliun. Dengan Himbara menyiapkan anggaran sebesar Rp 400 miliar. Sisanya dibiayai dengan menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) yang telah diterima ITDC pada tahun 2020 lalu, sebesar Rp. 500 miliar dan sumber pembiayaan lainnya.

“Kerjasama antar BUMN dalam bentuk fasilitas kredit ini merupakan suatu bukti komitmen solid dari BUMN serta menunjukkan kepercayaan yang tinggi atas komitmen ITDC dalam mengembangkan kawasan The Mandalika serta keseriusan kami dalam menyelenggarakan event balap motor Internasional di Mandalika International Street Circuit,” tandas Abdulbar.

Terkait pembangunan sirkuit internasional Mandalika, Abdul menjelaskan sejauh ini berjalan dengan lancar sesuai jadwal. Lintasan utama telah selesai dikerjakan pada 14 Agustus lalu. Sementara  fasilitas pendukung lainnya seperti race control, pondasi pit building dan medical center dilengkapi helipad di dalam kompleks JKK tengah dikerjakan. Secara keseluruhan, pembangunan sirkuit internasional Mandalika sudah mencapai 96 persen dan ditargetkan rampung akhir September 2021 ini. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional