Elpiji 3 Kg Diklaim Tidak Langka

Syawal Idris, pemilik pangkalan LPG 3 kg di Kelurahan Monjok mengatur tabung gas miliknya. Tabung melon itu diklaim tidak terjadi kelangkaan. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Kebutuhan tabung gas LPG 3 kilogram di Kota Mataram, diklaim tidak terjadi kelangkaan. Pertamina telah menyuplai sesuai kebutuhan masyarakat. Permainan di tingkat pangkalan perlu diantisipasi. Disatu sisi, pengecer mengeluh sulitnya memperoleh tabung melon tersebut. Pemilik pangkalan LPG di Kelurahan Monjok, Syawal Idris mengaku,tidak ada kelangkaan tabung gas LPG 3 kilogram.

Distribusi dari SPBE PT. Pertamina setiap pekannya lancar. Kebutuhan 460 tabung gas melon selalu terpenuhi. “Jadwalnya setiap hari Rabu 210 tabung. Dan, hari Sabtu 260 tabung,” sebut Idris ditemui,Rabu, 12 Agustus 2020. Idris membuka usaha pangkalan LPG hampir 10 tahun. Selama itu, tidak ada kendala baik dari distribusi maupun stok. Menurutnya, dalam menjalankan bisnisnya pangkalan harus sportif. Artinya, pangkalan tidak boleh menjual di luar wilayah yang telah disepakati bersama Pertamina.

Iklan

“Setiap kelurahan ada satu pangkalan. Jadi, pangkalan itu tidak boleh menjual di luar wilayahnya. Misalnya, saya di Monjok tidak boleh menjual ke pengecer selain dari Monjok,” jelasnya. Kelangkaan LPG 3 kg diduga adanya permainan dari pangkalan. Mereka menjual ke luar dari wilayahnya. Idris cukup ketat menjual LPG 3 kg. Biasanya, pembeli banyak datang dari Gunung Sari dan wilayah Lombok Barat lainnya. Kalau terpaksa menjual hanya dibatasi satu rumah tangga satu tabung gas.

Disatu sisi, Khalid mengaku kesulitan mendapatkan tabung gas LPG 3 kg. Dia harus keliling mencari ke SPBU. Kalau pun ada jumlah yang diberikan terbatas. “Dibatasi belinya. Kalau 10 tabung kita bawa dikasih 4-6 tabung,” sebutnya. Kelangkaan bahan bakar tersebut sangat dirasakan dampaknya, terutama para pedagang nasi di Karang Taliwang. Tak jarang kata Khalid, warga mengeluh tidak bisa mendapatkan kebutuhannya. Biasanya jatah diterima dari pangkalan langsung habis.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, H. Amran M.Amin mengaku, pantauannya saat ini,tidak ada kelangkaan LPG 3 kg di masyarakat. Harga pun stabil pada kisaran Rp16.000 di tingkat pengecer. Pun, ada keluhan di masyarakat akan dikoordinasikan ke SPBE PT. Pertamina di Dasan Cermen. “Kalau pantauan kita selama ini stok masih aman,” katanya. (cem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here