Ekspor Disetop, Dislutkan Cari Solusi untuk Benih Lobster Nelayan

Dirmawan. (Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pasca penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, ekspor benih lobster dihentikan sementara.  Kondisi ini, akan berdampak terhadap nelayan penangkap, termasuk di Kabupaten Sumbawa. Karenanya, Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) setempat sedang mencari solusi untuk hasil tangkapan para nelayan.

 “Memang dia akan berdampak kepada penangkap Benih Bening Lobster (BBL). Karena ekspor ini kan sementara waktu disetop. Sehingga nelayan penangkap ini dia mau menjual ke mana. Nanti sedang kita cari alternatif, sehingga BBL yang ditangkap nelayan kita harapkan bisa dibeli oleh pembudidaya lobster yang ada di NTB ini,” kata Kepala Dislutkan Kabupaten Sumbawa, Ir. Dirmawan, Senin, 30 November 2020.

Iklan

Dijelaskannya, di Sumbawa ada beberapa tempat dilakukan budidaya lobster. Seperti di Pulau Bungin, Pulau Kaung, Labuhan Burung dan Prajak. Benih lobster yang ditangkap nelayan juga bisa diserap nantinya. “Dan saat ini mereka (pembudidaya red) sedang membutuhkan bibit lobster,” terangnya.

Terkait penangkap benih lobster, kata Dirmawan, yang sudah terdaftar di Kementerian Kelautan dan Perikanan lebih kurang 4.000 nelayan. Tersebar di beberapa wilayah diantaranya Lunyuk, Labangka dan Mata. Sementara ini, aktifitas penangkapan benih lobster ini sudah menurun. Karena puncak musim benih lobster ini beberapa bulan yang lalu. “Dua bulan yang lalu memang musimnya, BBL-nya banyak tersedia. Sekarang ini sudah mulai berkurang. Kalaupun ada hasil tangkapan itu disuplay untuk kebutuhan budidaya yang ada di Sumbawa. Sebenarnya hampir sepanjang tahun ada. Cuma puncaknya dua bulan yang lalu,” bebernya.

Pihaknya berharap, BBL ini bisa memberikan nilai tambah dan meningkatkan kesejahteraan untuk pembudidaya. Disamping juga untuk para nelayan penangkap. “Masyarakat pembudidaya di Sumbawa ada 25 kelompok yang diberikan bantuan oleh pemerintah pusat untuk membudidaya lobster. Ada 77 paket kerambah yang diberikan. Sehingga sementara ini bisa memberikan pendapatan dan meningkatkan kesejeahteraan mereka. Disamping nelayan penangkap,” pungkasnya.(ind)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional