Eksekusi Tender DAK di Lotim Hampir 100 Persen

H. Mustafa. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Proses tender sejumlah proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) hampir 100 persen. Tereksekusinya proses tender ini sebagaimana tenggang waktu yang diberikan ke pemerintah daerah yaitu per tanggal 21 Juli 2021.

Tender DAK yang sudah dilakukan hampir 100 persen itu tersebar di Dinas Dikbud sebanyak 51 paket, Dinas Pekerjaan Umum, RSUD dr. R. Soedjono Selong, Rumah Sakit Labuhan Haji dan di beberapa OPD lainnya. Begitu pun DAK yang sifatnya non tender berupa penunjukan langsung tertanggal 21 Juli 2021.

Iklan

 “Termasuk untuk Dana Alokasi Umum (DAU) sebelum Agustus dapat diselesaikan sehingga pembayaran tidak terkendala,”terang Kepala Bagian Unit Pengadaan Barang, Jasa dan Konstruksi SetdaLotim, H. Mustafa, ditemui Suara NTB di ruang kerjanya, Jumat, 23 Juli 2021.

Terkait proses tender DAK yang hampir 100 persen tersebut, rata-rata pengerjaannya saat ini sudah berjalan dan Oktober-November sudah selesai pengerjaannya. “Pengerjaannya di lapangan sedang berjalan dengan target Oktober-November tuntas,” tegasnya.

Tercapainya tender DAK yang hampir 100 persen tersebut, kata Mustafa, tidak lepas dari kerjasama OPD selaku pemegang DAK tahun 2021 untuk mempercepat proses pelelangan serta melaporkan kegiatannya apakah DAK yang dikelola harus melalui proses pelelangan atau tender, swakelola dan penunjukan langsung. “Kalau masalah kendala tergantung OPD. Kita dari ULP tinggal melakukan pelelangan,” jelasnya.

Terkait proses tender dan non tender ini, Mustafa menegaskan di tahun 2022 semua DAK akan didata baik yang nilainya Rp200 juta ke atas maupun di bawah Rp200 juta akan didata meskipun sudah berada di dalam SIRUP. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat sistem pendataan serta mempercepat progres pembangunan terutama di awal tahun. “Inilah langkah-langka yang dilakukan,”janjinya.

Begitupun di APBD Perubahan akan dilihat dana kegiatan pada bulan Agustus atau September mendatang terutama ketika Rencana Kerja Anggaran (RKA) APBD Perubahan sudah ditetapkan. (yon)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional