Eksekusi Putusan Praperadilan, Penyidikan Kasus Sonokeling Sumbawa Dihentikan

Kendaraan truk pengangkut kayu Sonokeling milik Ahmad Fauzi yang diamankan Dinas LHK Provinsi NTB dikembalikan lagi kepada pemiliknya berdasarkan putusan praperadian Pengadilan Negeri Mataram.(Suara NTB/Seksi Gakkum Dinas LHK Provinsi NTB)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB melaksanakan putusan praperadilan yang diajukan Ahmad Fauzi. Pelaksanaannya dengan menghentikan kasus pengangkutan kayu Sonokeling sebanyak 693 batang tersebut. Barang bukti juga dikembalikan.

“Putusan praperadilan sudah kami laksanakan,” ucap Kasi Gakkum Dinas LHK Provinsi NTB Astan Wirya, Senin, 29 November 2021.

Iklan

Pelaksanaannya antara lain, pengembalian barang bukti 693 batang kayu, truk sedang nomor polisi P 8093 UR, serta barang pribadi pemohon. Ahmad Fauzi yang sebelumnya ditetapkan tersangka dikeluarkan dari sel tahanan.

Penasihat hukum Ahmad Fauzi, Suhartono menjelaskan, eksekusi putusan praperadilan itu sudah selesai. “Klien kami sudah bebas. Kasusnya dihentikan,” imbuhnya.

Penghentian kasus itu berdasarkan putusan praperadilan Pengadilan Negeri Mataram.

Dalam putusannya, hakim tunggal Mahyudin Igo menyatakan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) tertanggal 4 Oktober 2021 yang dikeluarkan DLHK NTB tidak sah dan tidak berdasarkan hukum.
kemudian hakim juga menyatakan tidak sah dan tidak berdasarkan hukum surat perintah penangkapan, dan surat perintah penahanan tertanggal 4 Oktober 2021 terhadap Iwan.

Selanjutnya, memerintahkan agar Iwan segera dikeluarkan dari tahanan berikut pemulihan harkat, martabat, dan kedudukannya.

Perintah dengan segera itu juga terhadap pengembalian surat, barang bukti kayu, serta kendaraan kepada pemiliknya, serta barang pribadi milik Iwan yang disita sebelumnya.

Mahyudin menimbang, penetapan tersangka Iwan terburu-buru. Padahal, belum ada pemeriksaan terhadap Hamzah, pemilik UD Raih Putra selaku penampung kayu yang berperan menjual kayu kepada Iwan.

Iwan sebelumnya diamankan pengangkutan kayu Sonokeling sebanyak 693 batang dengan volume 18 meter kubik. Truk yang mengangkut kayu tersebut diamankan dalam perjalanan menuju Pasuruan, Jawa Timur, di wilayah Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, pada Jumat, 17 November 2021. (why)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional