Minimalisir Penularan Corona, Transaksi Disarankan Melalui e-Channel dan Agen BRILink

Layanan perbankan di BRI Mataram dengan membatasi jarak duduk dan jarak melakukan transaksi guna meminimalisir potensi risiko penularan covid-19

Mataram (Suara NTB) – PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk menyarankan pengguna layanan perbankan melakukan transaksi di e-Channel dan agen-agen BRILink. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir risiko penularan covid-19. Di BRI Mataram yang membawahi tiga kabupten/kota di Pulau Lombok, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Utara memiliki jaringan agen BRILink sebanyak 1.842 unit. Tersebar hingga ke lingkungan, kelurahan dan desa, kata Erix Nurhariyanto, Plt. Pimpinan Cabang BRI Mataram.

Pantauan Suara NTB di kantor cabang BRI Mataram, Senin, 23 Maret 2020, layanan perbankan masih berjalan normal. Tingkat kunjungan ke bank juga nampaknya belum berubah dari biasanya. Ditengah isu mewabahnya virus corona. Kendati demikian, BRI Mataram melakukan proteksi kepada pengunjung bank. Sesuai arahan kepala daerah, antisipasi penularan virus corona dilakukan dengan menyediakan hand sanitizer  dan sabun cuci tangan di gerbang kantor yang bisa dimanfaatkan masyarakat umum, serta di pintu masuk kantor BRI Mataram.

Pengunjung tidak diperkenankan masuk langsung, sebelum dilakukan pemeriksaaan suhu tubuh dan dipastikan telah mencuci tangan menggunakan sabun yang disediakan. Jumlah pengunjung di dalam ruangan pelayanan juga dibatasi. Maksudnya, agar tak terjadi penumpukan pengunjung. Jarak duduk antara satu pengunjung dan pengunjung lainnya di tempat tunggu antrean juga dibatasi. Minimal 1 meter. Petugas pelayanan juga diharuskan menggunakan masker, dan sarung tangan.

“Kita mengikuti arahan pemerintah untuk meminimalisir potensi risiko penularan,” jelas Erix. Tentu perbankan tak bisa melarang nasabah berkunjung ke kantor bank. Yang bisa dilakukan bank adalah memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung, sesuai SOP untuk meminimalisir penularan virus yang telah mewabah hingga ke 150an negara di dunia ini. BRI sendiri telah memberikan pilihan kepada nasabah untuk bertransaksi. Tanpa harus mendatangi kantor-kantor layanan bank.

Di  e-channel dan agen BRILink, transaksi yang bisa dilakukan di antaranya transfer, setor simpanan, tarik tunai, pembayaran cicilan finance, pembayaran listrik, BPJS, pulsa, tilang, transaksi online (Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya), pembayaran SPP, tiket, dan nabung. “Untuk tarik tunai bisa dilakukan sesuai limit kartu (ATM),” tambah Erix.

Agen-agen BRILink juga telah diingatkan oleh bank agar melakukan upaya yang sama untuk pencegahan penularan virus corona. Misalnya dengan menggunakan masker, pencuci tangan, dan membatasi jarak bertransaksi dengan nasabah. (bul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + 14 =