Satgas Pangan Sidak Pasar, Stok Gula Pasir Aman Sampai Lebaran

0
32
Anggota tim Satgas Pangan NTB mengecek rak produk gula pasir di pasar modern Hypermart, Jumat, 20 Maret 2020.(Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Satgas Pangan Provinsi NTB mengecek stok dan harga Sembako untuk menguji dampak siaga darurat bencana non alam Virus Corona. Tim satgas pangan juga turun untuk memastikan bahwa pasar tradisional tidak tutup.

Pergerakan naiknya harga gula masih menjadi atensi. Sejumlah sasaran Sidak, Jumat, 20 Maret 2020 kemarin diantaranya Pasar Kebon Roek, Ampenan; Pasar Mandalika, Sandubaya; Lotte Grosir, Abiantubuh; dan Hypermart, Lombok Epicentrum Mall. Pengecekan meliputi hasil pertanian dan hasil industri.

“Sampai saat ini belum kita menemukan indikasi penimbunan,” kata Ketua Satgas Pangan Daerah NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana.

“Pembatasan pembelian juga belum ada. Stok kita masih cukup,” imbuhnya. Satu komoditi yang jadi atensi belakangan ini adalah gula pasir. Produk olahan tebu ini harganya meningkat pesat. Pasar-pasar tradisional mengandalkan suplai gula dari pabrik PT SMS di Kabupaten Dompu.

“Gulanya memang baru datang yang dari PT SMS. Kita sudah imbau supplier-nya tadi untuk segera menyalurkan ke pasar-pasar tradisional,” kata Dirreskrimsus Polda NTB ini.

Sekretaris Dinas Perdagangan Provinsi NTB Baiq Nelly Yuniarti memastikan stok gula pasir di pasar tradisional tidak terganggu. bahkan untuk kebutuhan bulan Ramadhan dan Lebaran sekaligus. “Gula kita yang beredar di pasar kita sekarang ada 10 ton,” imbuhnya.

Nelly menambahkan, ketersediaan gula pasir di pasaran akan bertambah sekurang-kurangnya akhir Maret ini atau awal April mendatang. Sesuai dengan suplai dari kebijakan impor pemerintah.

“Jumlah jatah di NTB kita belum tahu berapa. Itu kebijakan dari pusat. Kebutuhan permintaan dan suplai kita masih stabil. Stok kita aman sampai lebaran,” terangnya.

Justru ritel modern yang kewalahan memenuhi stok gula. Sebab mereka mengandalkan distribusi dari pabrik di Jawa. Ritel modern menjual gula merk-merk ternama. Ditambah dengan gula brand sendiri.

  Pokmas dan Fasilitator Harus Selektif Pilih Aplikator

Pihak retail modern bahkan sudah menerapkan pembatasan pembelian kebutuhan pokok bagi masyarakat. Pembeli harus dipastikan kepentingannya jika membeli dalam jumlah banyak.  Satgas Pangan NTB memastikan stok kebutuhan pokok di NTB masih aman hingga 14 bulan ke depan. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − 11 =