Sembalun Difokuskan Jadi Penyedia Bibit Bawang Putih

0
3
Sejumlah petani di Sembalun sedang memilah bawang putih yang baru dipanen beberapa waktu lalu. (Suara NTB/dok)

Selong (Suara NTB) – Budidaya bawang putih di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sejauh ini masih difokuskan pada penyediaan bibit. Hal ini dikarenakan harga bibit masih sangat mahal. Varietas bawang putih Sangga Sembalun akan terus dipertahankan.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Lotim yang juga Ketua DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) NTB, H. Rumaksi Sjamsuddin, Senin, 17 Februari 2020.

Dia menjelaskan, sejauh ini sudah banyak varietas lain yang disinyalir bisa merusak kualitas bawang putih Sembalun. Salah satunya, aktivitas budidaya bawang putih sayur yang ditanam di beberapa tempat. “Kita mau perbanyak bibit dulu,” ucapnya.

Untuk menyelamatkan bawang putih Sembalun ini, tambahnya, HKTI akan membuat pilot project penanaman bawang putih 1.464 ton dengan luasan lahan tanam 560 hektar.

Apalagi, sudah cukup banyak anggaran yang diberikan pemerintah pusat untuk mengembalikan kejayaan bawang putih Sembalun. Bahkan, dalam waktu dekat ini Dirjen Pembiayaan Kementerian Pertanian (Kementan) siap datang kembali untuk kerjasama dengan HKTI NTB untuk mengembangkan bawang putih.

Sementara HKTI sudah menggandeng pihak perbankan, Bank NTB Syariah maupun bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara, BRI, BNI, Mandiri untuk pembiayaan kegiatan budidaya bawang putih Sangga Sembalun.

Hasil produk budidaya bawang putih Sembalun diakui sejauh ini masih kalah saing dari komoditi bawang putih impor. ‘’Bawang putih Sembalun memang kalah saing dengan impor. Inilah kita sekarang akan fokuskan selamatkan bibit dulu,’’ pungkasnya. (rus)

  Sabut Kelapa, Limbah NTB yang Diekspor ke Cina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here