Dampingi ITDC, PT. PII Pastikan Investasi di KEK Mandalika Aman

Kawasan Mandalika (Suara NTB/bul)

Advertisement

Praya (Suara NTB) – Langkah strategis diambil PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Develepment Corporation (ITDC), dengan menggandeng PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) dalam mendukung pengembangan kawasan The Mandalika.

Kehadiran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tersebut untuk memastikan seluruh investasi yang diinvestasikan di kawasan The Mandalika, aman.

Dengan begitu, para investor ataupun calon investor yang hendak masuk berinvestasi dikawasan The Mandalika, tidak perlu takut merugi berinvestasi di kawasan tersebut. Akibat adanya perubahan kebijakan pemerintah terkait pengembangan kawasan The Mandalika.

‘’PT. PII hadir di kawasan The Mandalika untuk memastikan semua investasi yang masuk di kawasan ini aman. Karena sudah ada PT. PII sebagai penjaminannya,’’ ungkap Senior Vice Presiden PT. PII, Indra Singawinata, Jumat, 6 Desember 2019.

Penjamin dalam hal ini, PT. PII akan mengganti kerugian material yang dialami investor yang berivestasi di kawasan The Mandalika. Imbas dari adanya perubahan kebijakan oleh pemerintah. Sehingga investor tidak perlu khawatir investasinya hilang, jika terjadi perubahan kebijakan dari rencana pengembangan kawasan The Mandalika.

Ia menjelaskan, total investasi yang dilaporkan ke PT. PII untuk kawasan The Mandalika mencapai Rp3 triliun lebih. Investasi tersebut untuk membiayai semua pembangunan berbagai infrastruktur penunjang di kawasan The Mandalika. Dengan nilai jaminan sesuai investasi yang masuk.

‘’Misal ada investor masuk membangun di kawasan The Mandalika. Dengan kontrak investasi selama 15 tahun. Namun baru berjalan tujuh tahun investor tersebut merugi, karena terjadi perubahan kebijakan dari pemerintah terkait pengembangan kawasan The Mandalika. Maka berapa nilai investasi yang sudah masuk itulah yang akan kita bayar ke investor bersangkutan,’’ tandasnya.

Investor dalam ini, tidak hanya investor lokal ataupun nasional. Tetapi investor luar negeri juga tetap mendapat perlakuan yang sama. Jadi tidak ada alasan para investor untuk ragu apalagi takut berinvestasi di kawasan The Mandalika, karena sudah ada PT. PII sebagai penjaminnya.

Selain dengan ITDC, PT. PII sampai sejauh ini sudah menjalani kerjasama dengan sekitar 20 perusahaan dan BUMN yang bergerak di bidang infrastruktur. Tetapi khusus yang berkaitan dengan infrastruktur pariwisata, baru dengan ITDC saja. ‘’Untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kita baru bekerjasama dengan ITDC,’’ ujarnya.

Ke depan, PT. PII sendiri akan terus mengembangkan cakupan layanannya. Bahkan pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah daerah, jika pemerintah daerah ingin mendatangkan investor luar dan butuh penjaminan. Sebagai pengikat agar investor tersebut mau dan tertarik berinvestasi di daerahnya.

‘’PT. PII itukan BUMN, jadi semua BUMN, perubahaan milik negara ataupun pemerintahan daerah bisa menjadi mitra. Harapannya, investasi yang masuk semakin banyak,’’ katanya. (kir)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.