TP4D Panggil Rekanan Pasar Cakranegara

ilustrasi Proyek Pasar Cakranegara. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), Jumat, 6 Desember 2019 menjadwalkan pemanggilan terhadap rekanan proyek Pasar Cakranegara. Kontraktor akan diklarifikasi terkait terkendala penyelesaian pekerjaan.

Tiga proyek pasar yang dikerjakan tahun ini yakni Pasar ACC, Pasar Mandalika dan Pasar Cakranegara merupakan bantuan dana perbantuan dari Kementerian Perdagangan. Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, H. Amran M.Amin tidak pernah memprediksi timbulnya persoalan terhadap pengerjaan Pasar Cakranegara. Justru yang dikhawatirkan sebelumnya adalah Pasar ACC. Faktanya rekanan yang mengerjakan proyek dengan nilai kontrak Rp1,8 miliar lebih dari pagu Rp2,3 miliar belum merampungkan bagian atas toko.

Baca juga:  Proyek Perpipaan PDAM di Oo Dilanjutkan

Pihaknya bersama TP4D, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Inspektorat akan memanggil rekanan. Rekanan akan dikonfrontir penyebab belum diselesaikannya sisa pekerjaan tersebut. “Kita akan panggil dan bedah apa permasalahannya,” kata Amran dikonfirmasi, Kamis, 5 Desember 2019.

Pemanggilan rekanan oleh TP4D merupakan ketiga kalinya. Ini pertemuan akhir untuk memastikan komitmen dari kontraktor untuk menyelesaikan pekerjaan. Kejaksaan menyiapkan dua opsi menekan rekanan. Yakni, memutus kontrak pekerjaan. Pekerjaan dibayarkan sesuai dengan hasil pekerjaan. Kedua, memberikan kesempatan menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas.

Amran menambahkan, keterlambatan pengerjaan rekanan tetap dikenakan denda dari sisa pekerjaan. “Tetap sih didenda. Kalau ndak salah diberikan waktu 40 hari menyelesaikan pekerjaan,” tandasnya.

Baca juga:  Proyek MotoGP Tak Perlu Datangkan Material dari Luar Daerah

Soal kendala yang dihadapi rekanan akan digali pada rapat finalisasi bersama Kejaksaan. Kemungkinan ada permasalahan internal maupun eksternal di perusahaan. Kendala – kendala ini yang akan digali untuk menyelesaikan permasalahannya.

Pantauan Suara NTB, Kamis, 5 Desember 2019, bagian atap toko Pasar Cakranegara sebagian besar belum terpasang. Tak terlihat kontraktor bekerja. Berbeda halnya dibagian belakang, lapak pedagang telah rampung. Atap maupun keramiknya telah dipasang. Bahkan, sebagian pedagang telah menempati lapak tersebut. (cem)