Ketika ‘’Buyer’’ dan ‘’Seller’’ Jatuh Hati Pesona Lombok-Sumbawa

‘’Sales Mission Lombok-Sumbawa’’ diminati para buyer dan seller. (Suara NTB/ist)

‘’SALES Mission Lombok-Sumbawa’’ yang digelar Pemprov NTB bersinergi dengan Badan Promosi Pariwisata NTB dan pelaku pariwisata lainnya dipadati pengunjung. ‘’Sales Mission Lombok-Sumbawa’’ yang digelar di Harris Hotel Tebet Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019 diminati para buyer dan seller. Mereka (para pelaku dan penikmat wisata itu) tampak  jatuh hati dengan pesona Lombok-Sumbawa.

Bukan saja karena keindahan alamnya yang didukung oleh pesona gunung yang memikat. Hamparan pantai berpasir putih yang bersih berkilau bak mutiara serta taman laut yang indah menyelimuti gugusan pulau pulau kecil atau gili yang menyajikan kesejukan hati. Tetapi juga karena keragaman seni dan budaya masyarakat Lombok- Sumbawa  yang ramah dan unik.

Wakil Gubernur (Wagub)  NTB, Dr.Hj.Siti Rohmi Djalilah dihadapan peserta Sales Mission Lombok-Sumbawa di Jakarta, menggambarkan  keunggulan destinasi  wisata yang tersebar di seantero NTB. Lombok-Sumbawa, ibarat gadis cantik yang memikat semua orang.

‘’Banyak tamu yang telah berkunjung di NTB, mengatakan keindahan Lombok-Sumbawa. Bak surga di muka bumi,’’ ujarnya.

Ada Danau Segara Anak di puncak Rinjani. Puluhan pulau kecil yang menawan, ratusan Dewi (desa wisata) dengan kearifan dan keunikan tradisi serta produk-produk budayanya masing-masing. Ada juga taman wisata, KEK Mandalika di Kuta dan Tanjung Aan,  Lombok Tengah dengan legenda Putri Mandalika yang memikat seantero dunia. KEK Mandalika adalah lokasi sirkuit MotoGP paling bergengsi di dunia yang akan digelar  tahun 2021 mendatang.

Baca juga:  BPS: NTB Perlu Neraca Pariwisata Daerah

Tidak itu saja, di Pulau Sumbawa juga ada padang savana di area biosfir Tambora dan Pulau Moyo. Juga puluhan air terjun dan hutan wisata yang  tersimpan di bumi NTB.

Kemudian, Wagub Rohmi menyebut  NTB tak hanya menyediakan destinasi pantai ataupun air terjun saja. ‘’Namun juga menawarkan kekayaan budaya serta kesenian yang unik. Begasingan, peresean, nyongkolan, gendang beleq, tenun, batik sasambo menjadi aset pendukung yang bernilai tinggi,’’ tegasnya.

Karenanya, Wagub mengajak semua pihak, mulai dari masyarakat pendukung dan para pelaku wisata. Seller dan buyer untuk sama-sama mengembangkan dan memajukan pariwisata NTB. ‘’Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, tetapi perlu dukungan dan kekompakan dari para pelaku wisata,’’  ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB, Anita Ahmad menjelaskan, tujuan kegiatan sales mission itu, tak lain adalah untuk mendatangkan lebih banyak kunjungan wisatawan ke NTB.

Baca juga:  RTH Pagutan akan Jadi Objek Wisata Baru

‘’Dengan mengadakan pertemuan antara sellers  dengan buyers , ditargetkan tercipta penjualan paket-paket wisata ke Lombok Sumbawa secara langsung dan pasti. Sehingga kedatangan wisatawan pun akan semakin bergairah ke NTB,’’ harapnya.

Anita juga menjelaskan, dalam beberapa kali lawatannya ke negara Asia, beberpa negara menginginkan adanya direct flight ke Lombok. Mengingat MotoGP 2021 di KEK Mandalika sebagai destinasi super prioritas oleh pemerintah Indonesia.

Untuk itu, ia berharap akan dibuka lebih banyak lagi penerbangan langsung ke Lombok. ‘’Harapannya semoga direct flight ke Lombok diperbanyak, termasuk Melbourne, Sydney dan Bangkok,’’ harapnya.

Sementara itu, salah satu pelaku wisata asal Jakarta, Sony  mengungkapkan rasa terima kasih atas terlaksananya kegiatan seperti  sales mission ini. Ia sudah lama mendengar pesona Lombok Sumbawa dari berbagai media. ‘’Karena itu, saya mulai jatuh hati untuk mengembangkan sayap bisnis di NTB,’’ ungkap Sony yang juga pemilik travel agent  asal Jakarta tersebut. (*)