Hiswana Migas Serahkan Sejumlah Bangunan Fasilitas Umum Korban Gempa Lombok

Perwakilan Hiswana Migas (kanan) menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban gempa di KLU, Kamis (21/11). (Suara NTB/ist)

Tanjung (Suara NTB) – Himpunan Swasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban gempa Lombok, Kamis, 21 November 2019. Hiswana membantu pembangunan aula serbaguna yang dipergunakan sebagai fasilitas umum di 7 lokasi, masing-masing dua di Lombok Barat dan 5 di Lombok Utara.

Dalam peresmian yang dipusatkan di Dusun Karang Lendang, Desa Bentek, Kecamatan Gangga, hadir antara lain, Ketua Umum DPP Hiswana Migas, Rahmad Muhammadiyah, GM PT. Pertamina Persero, Werry Prayogi, Ketua DPD V Hiswana Migas (HW), Ismed Jauhari, pengurus Hiswana Migas pusat dan daerah serta tokoh masyarakat.

Adapun penerima bantuan fasilitas umum Hiswana Migas antara lain, masyarakat Dusn Medas Barat (Lobar), masyarakat Penimbung (Lobar), Karang Lendang (Desa Bentek, Gangga), Selelos (Bentek, Gangga), Monggal Atas (Desa Genggelang, Gangga), Mur Payung (desa Sigar Penjalin, Tanjung) dan masyarakat Lokok Ara (Desa Sesait, Kecamatan Kayangan).

Pada kesempatan itu, Ketua DPD V Hiswana Migas (HW) Ismed Jauhari mengatakan, penyerahan bantuan di Lobar dilaukan pada tahap pertama. Sedangkan bantuan di Lombok Utara dilakukan pada tahap kedua.

“Kami berharap bantuan yang diberikan dapat dirawat, dimanfaatkan sehingga bisa berfungsi dalam jangka panjang,” ujar Ismed.

Disebutkan, bantuan ini tersalur atas kerjasama seluruh komponen di Hiswana Migas se Indonesia. Pascagempa, Hiswana Migas menghimpun donasi dari seluruh karyawan se Indonesia hingga terkumpul bantuan senilai Rp 1,5 miliar. Dana serupa juga dihimpun untuk gempa Palu dan Donggala, dengan nominal yang terhimpun Rp 1,3 miliar.

Sementara itu, Ketua umum DPP Hiswana Migas, Rahmad Muhamadiyah menjelaskan, mengedukasi masyarakat setempat bahwa organisasi Hiswana Migas merupakan perusahaan swasta sebagai mitra pemerintah (Pertamina) yang bergerak menyalurkan perminyakan baik subsidi dan nonsubsidi kepada masyarakat.

Rahmad menambahkan, Hiswana Migas memilih untuk membangunkan sarana umum kepada masyarakat. Sarana tersebut tidak murni tempat ibadah, namun bangunan serbaguna yang bisa pula dipergunakan sebagai tempat ibadah. Rata-rata bangunan berukuran 8×12 meter.

Ketua Panitia Pembangunan sekaligus Perwakilan Masyarakat Romo Sukerti menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Hiswana Migas yang telah memberikan bantuan ini kepada masyarakat di KLU khusnya di Dusun Karang Lendang.

“Mewakili teman-teman panitia dan masyarakat Desa Bentek saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Hiswana Migas,” pungkasnya. (ari)