Pemprov NTB Jajaki Penerbangan Langsung Lombok – Melbourne

L. Moh. Faozal (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB menjajaki pembukaan penerbangan langsung Lombok – Melbourne Australia  dengan maskapai AirAsia. Rute internasional yang akan segera direalisasikan AirAsia adalah penerbangan langsung Lombok – Singapura.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, H. L. Moh. Faozal, S. Sos, M. Si yang dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 7 November 2019 di Kantor Gubernur mengatakan pada 25 November mendatang, CEO AirAsia yang baru akan bertemu Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc. Pertemuan itu akan membahas rencana pembukaan penerbangan langsung ke Lombok yang akan dilayani AirAsia.

‘’Nanti akan ada rute baru yang akan kita bahas dengan manajemen AirAsia,’’ kata Faozal.

Untuk rencana pembukaan penerbangan langsung Lombok – Melbourne, kata Faozal, ada proses yang dilalui. Ia mencontohkan, seperti pada saat rencana pembukaan rute Lombok – Perth.

Sebelum membuka rute baru, maskapai akan melihat potensi pasar. Kemudian regulasi yang mengatur di dua sisi. ‘’Apakah slot tersedia dan kesesuaian bisnisnya juga didetailkan. Nanti tanggal 25 November ini, CEO AirAsia yang baru akan datang ke sini,’’ katanya.

Baca juga:  Digagas, Penerbangan Langsung Lombok - Brunei Darussalam

Jika secara bisnis menguntungkan pembukaan Lombok – Melbourne, maka pasti mereka akan membuka rute penerbangan tersebut. Namun, kata Faozal, rute penerbangan langsung yang akan segera terealisasi adalah Lombok – Singapura.

‘’Kalau Lombok – Singapura slotnya sudah diberi. Cuma jamnya

yang belum disepakati karena rotasi pesawat dan lain-lain,’’ katanya.

Dengan masuknya AirAsia, penerbangan langsung Lombok – Singapura akan bertambah. Semula dilayani satu maskapai penerbangan internasional, yakni Silk Air. Pada Desember mendatang, akan bertambah satu maskapai penerbangan yang melayani rute Lombok – Singapura, yakni AirAsia.

Dijelaskan, otoritas Bandara Changi International Airport sudah memberikan AirAsia slot pukul 10.00 pagi. Rencananya, penerbangan langsung AirAsia Lombok – Singapura akan dilayani setiap hari.

Selama ini, rute Lombok – Singapura sudah dilayani Silk Air. Tetapi, kata Faozal, Silk Air akan melayani rute Lombok – Singapura sampai Oktober 2020. Setelah itu, Silk Air akan diganti oleh maskapai Scoot. Scoot merupakan maskapai penerbangan low cost carrier (LCC). ‘’Itu akan menggantikan posisi flight Silk Air,’’katanya.

Baca juga:  Desember, Penerbangan Langsung Lombok-Jeddah Mulai Dibuka

Faozal mengatakan, penerbangan langsung rute Lombok – Singapura cukup potensial. Karena Singapura merupakan hub penerbangan terbesar di Asia. Sehingga semua wisatawan dari seluruh penjuru dunia pasti lewat Singapura.

Sebelumnya, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc telah bertemu pimpinan AirAsia di Jakarta, 22 Oktober lalu. Pertemuan tersebut membicarakan penambahan frekuensi dan rute penerbangan AirAsia dari Bali ke Lombok jadi 2 kali sehari. Ada juga  tambahan penerbangan AirAsia dari  Surabaya ke Lombok.

Selain itu, Singapura ke Lombok dan Melbourne Australia ke Lombok. Menurut gubernur, pembukaan penerbangan langsung tersebut sangat penting untuk memudahkan wisatawan datang ke NTB. (nas)